banner 728x250

Cuaca Ekstrem, Jalur Pendakian Gunung Pangrango Ditutup hingga April

  • Share
banner 468x60


Example 300x600

Jakarta, CNN Indonesia

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, ditutup hingga 14 April 2024. Sebelumnya, pendakian ditutup sejak 31 Desember 2023 sampai 31 Maret 2024, tapi ternyata belum bisa dibuka.

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memutuskan memperpanjang penutupan pendakian karena cuaca ekstrem yang diperkirakan masih berlangsung hingga bulan depan. Penutupan ini demi keselamatan pendaki.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Berdasarkan surat edaran nomor 08/BBTNGGP/Tek/B/03/2024 tentang penutupan kegiatan pendakian, penutupan diperpanjang hingga 14 April 2024,” kata Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji di Cianjur, dikutip dari Antara, Minggu (29/3).

Balai Besar TNGGP memperpanjang penutupan pendakian berdasarkan prakiraan prakiraan hujan selama satu bulan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, juga dalam dalam rangka pemulihan ekosistem di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang selama ini banyak dikunjungi pendaki.

Petugas akan melakukan pembersihan jalur pendakian dari sampah. Menurut Aji, pendaki ke Gunung Gede Pangrango mencapai 500 orang per hari.

“Selama penutupan kami memastikan tidak ada pendaki yang melintas, terutama yang merayakan malam pergantian tahun di puncak Gunung Gede, karena patroli digencarkan agar tidak ada oknum pendaki nakal yang naik melalui jalur ilegal,” ucapnya.

Pengamanan jalur pendakian selama penutupan melibatkan berbagai kalangan termasuk masyarakat sekitar.

Ia menegaskan upaya pendakian ilegal bisa diberikan sanksi tegas demi memberikan efek jera.

“Kita pantau semua jalur, termasuk jalur tidak resmi. Melibatkan warga sekitar ketika mendapati pendaki ilegal langsung dikenakan sanksi tidak dapat mendaki selama dua sampai lima tahun di seluruh gunung di Indonesia,” tuturnya.

(tim/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *