Viral Youtuber Denmark Perbaiki Jembatan di Wakatobi, Dapat Acungan Jempol dari Warganet

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Viral Youtuber Denmark perbaiki jembatan di Wakatobi tengah jadi perbincangan warganet. Aksi pria bernama Kristian Hansen itu pun mendapatkan tanggapan positif.

Sebagai informasi, Kristian Hansen merupakan seorang YouTuber asal Denmark. Diketahui jika ia sedang menjelajahi beberapa daerah di Indonesia hampir dua tahun terakhir.

Saat berkunjung ke Pulau Wakatobi, Sulawesi Tenggara Hansen melihat jembatan kayu yang kondisinya terbilang rusak parah. Banyak warga sekitar yang memperingatkannya untuk berhati-hati saat melangkahkan kaki di atas jembatan. 

“Tapi jembatan mereka sudah berusia lebih dari 10 tahun. Terkadang, anak-anak dan orangtua jatuh dan terluka,” tulis Hansen dalam video yang diunggah melalui akun Instagram pribadinya, @thekristianhansen

Viral Youtuber Denmark Perbaiki Jembatan di Wakatobi

Melihat kondisi itu, hati Hansen pun tergerak untuk memperbaiki jembatan rusak yang biasa dilewati masyarakat Suku Bajo tersebut. Ia pun melakukan penggalangan dana melalui akun Instagramnya.  

Tak disangka, penggalangan dana yang dilakukannya itu berhasil terkumpul dengan jumlah sekitar Rp75 juta. Lalu, uang tersebut digunakannya untuk membeli bahan material untuk memperbaiki jembatan yang rusak. 

Dengan anggaran yang diperolehnya itu, Hansen dan masyarakat Suku Bajo bisa membeli lebih kurang 20 meter kubik kayu, 50 kilogram paku dan gergaji mesin.

Hansen dan masyarakat Suku Bajo saling bergotong-royong guna memperbaiki jembatan. 

Jembatan yang sudah rusak bertahun-tahun dan dibiarkan terbengkalai itu berhasil rampung dalam 24 jam setelah bergotong royong bersama masyarakat setempat.

Tak hanya jembatan, uang yang terkumpul dari donasi juga digunakan oleh Hansen untuk memperbaiki rumah warga yang kondisinya mulai rusak. 

“Jadi kami bisa membeli kayu sebanyak mungkin. Dengan dari kekuatan gotong royong, saling membantu satu sama lain. Kami membangun kembali jembatan mereka dan memasang atap baru untuk satu keluarga yang tidak tidak ada atap rumahnya,” ungkap Hansen.

Hansen pun mengucapkan terima kasih kepada pengikutnya di Instagram yang telah membantu dalam penggalangan dana. Menurut laman kitabisa, diketahui jika ada 300 orang lebih yang bersedia untuk berdonasi. 

Demikian ulasan mengenai viral Youtuber Denmark perbaiki jembatan di Wakatobi. Semoga bermanfaat!

Editor : Komaruddin Bagja

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *