Viral Youtuber Denmark Ajak Warga Perbaiki Jembatan di Wakatobi, Netizen: Real Gotong Toyong

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Viral di media sosial youtuber asal Demark, Kristian Hansen memperbaiki jembatan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara pakai uang edsense YouTube dan donasi dari netizen. Pembangunan dilakukan dengan cara bergotong royong.

Aksinya itu viral setelah dibagikan akun Instagram @folkative. “… Dia berhasil mengumpulkan uang lebih dari Rp75 juta hanya dalam waktu kurang dari 24 jam, kemudian uang tersebut digunakan untuk membeli bahan pembuatan jembatan …,” tulis akun tersebut
 
Diketahui, Wakatobi merupakan salah satu surga maritim di Tanah Air. Masyarakat yang tinggal di pulau tersebut dikenal dengan julukan ‘Manusia Laut’. 

Hampir sebagian besar masyarakat di Suku Bajo, Wakatobi tinggal di desa terapung alias rumah kayu yang dibangung di atas laut, dan saling terhubung dengan jembatan kayu.

Sayang, di balik pesona keindahan desa tersebut dan sumber daya alam yang melimpah, kenyamanan dan keselamatan masyarakat Suku Bajo terganggu dengan banyaknya jembatan dan atap rumah yang rusak.

Tak heran, warga di sana kerap ‘bawel’ dan tidak hentinya mengingatkan para wisatawan agar berhati-hati saat sedang berkunjung ke sana. Tidak terkecuali, saat Hansen berkunjung ke sana.

“Waktu saya pertama kali datang ke desa ini. Semua orang bilang, ‘Be Careful’. Dan akan saya kasih tahu kenapa,” ujar Hansen, dalam konten video yang dibagikan di akun Instagramnya, @thekristianhansen.

“Saya pergi ke pulau Wakatobi. Di Sulawesi Indonesia, untuk berkunjung ke Suku Bajo. Juga dikenal sebagai manusia laut. Yang menginspirasi James Cameron untuk film Avatar 2,” katanya.

Setelah mengetahui kondisi tempat tinggal dan lingkungan warga Suku Bajo tersebut, hati Hansen tergerak dan berinisiatif ingin memperbaiki kerusakan jembatan dan atap rumah di sana. 

Apalagi, jembatan rusak di sana sering membuat anak-anak hingga orangtua terjatuh hingga terluka. Hansen lalu mulai melakukan penggalangan dana dan sukses mengumpulkan hingga Rp75 juta untuk perbaikan jembatan dan atap rumah warga Suku Bajo di Wakatobi.

Editor : Dani M Dahwilani

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *