Viral Food Vlogger Makan Mi tanpa Dikunyah, Kenali Bahayanya agar Gak Ditiru!

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Viral di media sosial seorang food vlogger makan mi dalam porsi banyak dan tidak dikunyah. Aksi ini tentu saja tidak patut untuk ditiru karena dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Ya, sangat dianjurkan bagi kita semua untuk mengunyah makanan dengan baik, apa pun makanan yang dikonsumsi. Hal ini berkaitan dengan kesehatan lambung hingga usus.

Dijelaskan Ahli Kesehatan Prof Ari Fahrial Syam, secara medis dinyatakan, setiap orang harus mengunyah makanan dengan benar. Ada banyak manfaat dari mengunyah makanan dengan benar.

Pertama, supaya memberi kesempatan untuk lambung bekerja lebih baik karena makanan hancur dengan baik karena sudah dikunyah secara benar. Selain itu, jika melakukan proses kunyah dengan baik, makanan sudah hancur sedemikian rupa, sehingga tidak mudah kembali untuk terjadi reflux.

“Di satu sisi juga makan dengan mengunyah makanan secara benar akan menekan nafsu makan,” kata Prof Ari saat dihubungi, Selasa (25/6/2024).

“Jadi, banyak sekali manfaat yang kita bisa dapatkan kalau kita mengunyah makanan dengan baik,” katanya.

Memangnya apa yang terjadi jika mengonsumsi makanan tanpa dikunyah seperti yang dilakukan food vlogger yang viral itu? Menurut Prof Ari, akan terjadi masalah kesehatan, khusus pada sistem pencernaan. Bahkan, dapat memicu munculnya gerd.

“Kalau makan gak dikunyah itu meningkatkan faktor risiko gerd. Jadi, kunyahlah makanan lebih lama, untuk menjaga kesehatan,” ujarnya.

Editor : Vien Dimyati

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *