Viral Aksi Heroik Babinsa Usir Debt Collector Resahkan Warga Tanah Baru Depok

  • Share

DEPOK, iNews.id – Anggota Babinsa dari Kodim 0508/Depok Sertu Wawan Christiyanto viral di media sosial usai mengusir dengan nada keras debt collector (DC) yang meresahkan masyarakat di Perumahan Depok Mulya, Tanah Baru, Beji, Depok. Aksinya mendapat apresiasi dari warganet.

“Kemarin ada laporan dari Tim Patroli Cyber yang menemukan postingan yang di framing sebaliknya, seolah-olah Babinsa tersebut arogan membentak masyarakat. Setelah saya cek di lapangan ternyata yang dibentak itu adalah DC,” kata Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Iman Widhiarto saat dikonfirmasi, Kamis (4/7/2024).

Iman mengimbau masyarakat tidak perlu takut dengan tindakan premanisme dari DC. Dia meminta warga segera melapor jika ada yang meresahkan.

“Jangan takut sama DC dan tindakan-tindakan premanisme lainnya. Masyarakat hendaknya segera melapor ke perangkat kelurahan, RT/RW, Babinsa/Bhabinkamtibmas di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Sertu Wawan menjelaskan kronologi berawal dari dirinya sedang bertugas di pos jaga Kodim. 

Dia mendapat laporan dari petugas keamanan terkait kedatangan DC yang meresahkan pada Sabtu, 29 Juni 2024 pukul 10.10 WIB.

“Salah satu petugas keamanan di salah satu kompleks perumahan yang kami awasi menghubungi saya melalui telepon. Melaporkan ada enam orang yang tidak dikenal (OTK) yang diduga debt collector masuk ke area perumahan,” kata Sertu Wawan.

Namun, suasana berubah tidak kondusif saat anggota DC mengajak teman-temannya yang lain untuk mendatangi rumah warga.

“Kami tidak mentolerir segala bentuk premanisme, khususnya di wilayah binaan kami di Kelurahan Tanah Baru dan secara umum di Kota Depok,” katanya.

Sertu Wawan mengungkap memang sempat terjadi perdebatan antara dirinya dengan kawanan DC itu untuk meminta mereka keluar dari area perumahan.

“Setibanya di lokasi, sempat terjadi perdebatan antara kami dengan orang-orang yang diduga sebagai debt collector. Kami hanya meminta mereka untuk keluar dari area perumahan,” katanya.

Lebih lanjut, sekitar pukul 11.15 WIB, keenam orang yang diduga sebagai debt collector tersebut akhirnya meninggalkan area tersebut.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *