Unpad akan Gelar Debat 3 Calon Rektor Libatkan Sivitas Akademika dan Alumni

  • Share

TEMPO.CO, Bandung – Universitas Padjadjaran (Unpad) menyiapkan debat 3 calon rektor di bekas kampus di Bandung, Selasa 2 Juli 2024. Menurut Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unpad Nadjib Riphat Kesoema, acara debat itu akan berlangsung selama sekitar tiga jam.

“Kami melibatkan panelis dari kalangan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan alumni,” katanya Senin 1 Juli 2024.

Acara debat 3 calon rektor Unpad itu merupakan bagian dari tahapan proses pemilihan rektor baru periode 2024-2029 lewat rapat pleno terbuka Majelis Wali Amanat atau MWA. Lembaga itu yang nantinya akan menentukan Rektor Unpad lewat sidang pleno tertutup pada 4 Juli 2024. Di acara debat tersebut, MWA tidak mengambil bagian sebagai panelis melainkan hanya menonton.

Menurut Nadjib yang juga anggota MWA Unpad, debat calon rektor menjadi acara penting dari rangkaian seleksi yang dilakukan. MWA sebelumnya telah melakukan wawancara sendiri terhadap 13 bakal calon untuk menentukan 3 besar kandidat. “Debat kali ini kita (MWA) akan betul-betul melihat bagaimana seorang calon menghadapi massa yang langsung bertanya dan menanggapi masalah yang diajukan,” ujarnya.

Ketiga calon rektor itu adalah Arief S. Kartasasmita yang kini menjabat Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad. Pesaingnya adalah Popy Rufaidah, guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang kini menjabat sebagai Ketua Pusat Unggulan Unpad BUMN Center of Excellence. Kemudian Setiawan, guru besar Fakultas Kedokteran yang saat ini menjabat sebagai Dekan Sekolah Pascasarjana Unpad.

Panelis yang terdiri dari kalangan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan alumni, masing-masing berjumlah dua orang. Nadjib mengatakan, pertanyaan yang akan diajukan ke calon rektor dibuat sendiri oleh masing-masing panelis. Selain itu, pertanyaan nantinya juga bisa diajukan oleh antar calon rektor juga sivitas akademika yang hadir langsung di Graha Sanusi Hardjadinata, Bandung.

Iklan

Sementara itu Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Padjadjaran atau BEM Kema Unpad berencana hadir di acara debat. “Kami akan hadir karena mahasiswa jadi panelis dua orang,” kata Ketua BEM Kema Unpad Fawwaz Ihza Mahenda, Senin 1 Juli 2024.

Rencananya, topik dan isu yang akan diangkat di acara debat itu mengenai otonomi universitas, tata kelola, nilai lokal, dan globalisasi. Acara debat akan dimulai sekitar pukul 08.30 hingga menjelang tengah hari.

ANWAR SISWADI

Pilihan Editor: 3 Calon Rektor Unpad Tak Penuhi Undangan Debat Terbuka dari BEM Unpad, Ini Profil Mereka

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *