Umur dan Stamina Joe Biden Jadi Sorotan dalam Debat Calon Presiden Amerika Serikat

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan rivalnya mantan Presiden Donald Trump tampil dalam debat calon presiden pada Kamis malam, 27 Juni 2024. Acara itu untuk menawarkan pada para pemilih Amerika Serikat sisi kedua kandidat yang jarang terpublikasi. Baik Trump dan Biden sudah sama-sama berusia senja. 

Dalam acara debat calon presiden itu, tak banyak hal baru tentang posisi kedua calon terkait isu-isu terkini. Acara tersebut cukup banyak ditonton warga Amerika Serikat. Kedua calon presiden Amerika Serikat itu menghadapi sejumlah pertanyaan terkait stamina mereka dalam menjalankan tugas-tugas sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat   

Trump, 78 tahun, pada awal debat calon presiden tampak energik dan kuat dibanding Biden, 81 tahun. Biden dalam acara itu berbicara dengan suara serak, kadang terbata-bata dalam menjawab pertanyaan, diam atau bahkan memberikan jawaban yang muter-muter. Gedung Putih beralasan Biden sedang flu. Untungnya, kegelisan Biden itu hanya terjadi pada menit-menit pembuka acara debat calon presiden.    

Trump diduga seberusaha mungkin tampak menahan diri untuk tidak mengomentari kinerja Biden. Sikap itu tidak diperlihatkannya dalam debat calon presiden 2020. Biden mulai menemukan pijakannya setelah dia bisa mempertahankan rekam jejaknya dan mengoyak karakter Trump. Namun berdasarkan performa Biden pada acara debat calon presiden itu, khususnya saat menit-menit pembuka, Partai Republik kemungkinan akan menyerang bahwa Biden terlalu tua untuk menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Saat debat berjalan, Biden muncul dengan lebih banyak menguasai lebih banyak fakta-fakta dalam menghadapi serangan dari Trump. Namun itu dirasa belum cukup untuk mengatasi waswas dari kalangan politikus Partai Demokrat terkait penampilan Biden yang dirasa kurang stabil.    

Iklan

Menjelang acara debat calon presiden, Biden ditekan untuk bisa menyangkal perkara usianya yang sudah lansia. Tim kampanye Biden harus mencari cara mengatasi seruan dari sejumlah politikus Partai Demokrat agar posisi Biden sebagai calon presiden Amerika Serikat dalam pemilu November 2024 diganti saja. 

Sumber: Reuters

Pilihan editor: Joe Biden Persiapan Menjelang Debat Calon Presiden, Umur dan Stamina Bakal Jadi Sasaran

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *