UKT Naik Dibatalkan, UPN Veteran Yogyakarta Bebaskan Mahasiswa dari Kekurangan Pembayaran UKT

  • Share

TEMPO.CO, YogyakartaUPN “Veteran” Yogyakarta merespons surat dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 0511/E/PR.07.04/2024 tertanggal 27 Mei 2024 tentang pembatalan kenaikan uang kuliah tunggal atau UKT tahun 2024. Kampus itu akhirnya tak jadi menaikkan UKT tahun ini.

“Dengan dicabutnya peraturan kenaikan UKT oleh Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, maka tarif UKT yang diberlakukan kembali menggunakan tarif UKT tahun 2023,” kata Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Muh Irhas Effendi Rabu 29 Mei 2024

Sebelumnya, kelompok UKT di UNY Yogyakarta ditetapkan dalam 10 kelompok pada tahun ini. Kini, dengan adanya aturan itu, kelompok UKT kembali ke tahun lalu menjadi delapan kelompok.

Irhas menyatakan dirinya telah berkoordinasi dengan jajaran terkait untuk membahas implikasi dari keputusan ini. Ada empat poin utama yang diputuskan. Pertama, bagi mahasiswa yang telah ditetapkan berada kelompok 9 dan 10 diturunkan menjadi kelompok 8.

Kedua, mahasiswa yang mengalami kelebihan pembayaran akan menerima pengembalian selisih pembayaran tersebut. Mekanisme pengembalian akan diinformasikan lebih lanjut melalui pemberitahuan resmi. 

Ketiga, mahasiswa yang mengalami kekurangan pembayaran akan dibebaskan dari kekurangan tersebut. Keempat, mahasiswa yang belum melakukan daftar ulang karena alasan administratif akan diberikan kesempatan untuk melakukan daftar ulang sampai batas waktu yang ditetapkan.

Iklan

Sebelumnya UPN “Veteran” Yogyakarta telah menetapkan besaran UKT yang sudah diajukan dan disetujui kementerian di tahun 2024. 

Dalam prosesnya UPN “Veteran” Yogyakarta telah memberikan kesempatan untuk melakukan sanggah dan permohonan penurunan. Dari jumlah 1192 mahasiswa yang diterima pada jalur SNBP 2024, terdapat 671 mahasiswa yang mengajukan sanggah dan sebanyak 423 mahasiswa atau 63 persen disetujui. 

Kemudian yang mengajukan sanggah banding sebanyak 171 mahasiswa dan 160 mahasiswa atau 93.6 persen disetujui. 

PRIBADI WICAKSONO

Pilihan Editor: Gerindra Siapkan Budi Djiwandono Maju Pilkada DKI 2024

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *