Uji Coba Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN Dilakukan Agustus

  • Share

Suasana pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.(ANTARA FOTO/ Rivan Awal)

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba proyek kereta otonom tanpa rel atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, bakal dilakukan pada Agustus 2024.

“(Perkembangan proyek kereta otonom tanpa rel di IKN) kita harapkan Agustus itu ada uji coba,” kata Budi, Selasa (28/5).

Budi menyampaikan bahwa proyek kereta otonom tanpa rel di IKN ini belum dibangun dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca juga : 2 Proyek di IKN Alami Kemajuan Signifikan

Selain itu, Menhub juga belum dapat memastikan kapan proyek kereta otonom tanpa rel itu bakal dikomersialkan ke publik.

“Belum komersial dan belum merupakan pembangunan yang sifatnya dari APBN, tapi uji coba,” ucap Menhub.

Menhub menambahkan bahwa asal kereta tersebut akan diimpor dari Tiongkok. Kereta otonom ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. “(Itu rangkaian keretanya dari China?) Iya,” jelasnya..

Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencanangkan untuk melakukan uji coba kendaraan otonom, kereta otonom tanpa rel (autonomous rail transit), dan taksi terbang (advanced air mobility) pada Juli 2024.

IKN dirancang sebagai ibu kota yang menerapkan konsep kota cerdas, berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan. Pengembangan infrastruktur, sebagai sektor kritikal, akan dijalankan dengan prinsip-prinsip tersebut untuk membantu meningkatkan kinerja operasional kota dan kualitas hidup penduduk. (Ant/P-5)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *