Truk Seruduk Kerumunan Jemaah Usai Shalat di Masjid, 14 Orang Tewas

  • Share

KANO, iNews.id – Sebuah truk menyeruduk kerumuman jemaah yang baru pulang dari masjid usai melaksanakan Shalat Jumat di luar Kota Kano, Nigeria, Jumat (28/6/2024). Akibat kecelakaan itu, sedikitnya 14 orang meninggal dunia.

Komisi Keselamatan Jalan Raya Nigeria menyatakan, truk penuh muatan itu hilang kendali kemudian menabrak kerumunan jemaah di depan masjid Desa Imawa, sekitar 30 km di luar Kano.

“Tabrakan malang tersebut menyebabkan hilangnya 14 nyawa secara tragis dan menyebabkan beberapa lainnya luka,” bunyi pernyataan Komisi, dikutip dari AFP, Sabtu (29/6/2024).

Kecelakaan sering terjadi di jalan-jalan Nigeria yang tidak terawat baik akibat berkendara dengan kecepatan tinggi serta mengabaikan peraturan lalu lintas.

Data Komisi Keselamatan Jalan Raya mengungkap, lebih dari 5.000 orang tewas dalam kecelakaan di jalan pada 2023. Angka itu menurun dibandingkan data tahun 2022 yang mencapai 6.500 kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam laporan tahun lalu, mengungkap kematian tahunan terkait dengan kecelakaan lalu lintas di Nigeria sebenarnya mendekati angka 40.000. Sebagian besar kasus tidak dilaporkan kepada pihak berwenang.

Editor : Anton Suhartono

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *