Toshiba Bakal PHK 4.000 Karyawan untuk Percepat Restrukturisasi

  • Share

TOKYO, iNews.id Toshiba menyampaikan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.000 karyawan di Jepang. Hal ini dilakukan karena perusahaan mempercepat restrukturisasi di bawah kepemilikan baru. 

Mengutip Reuters, sebelumnya Toshiba resmi delisting atau dihapus dari Bursa Tokyo pada akhir tahun lalu setelah 74 tahun melantai setelah pengambilalihan senilai 13 miliar dolar AS oleh konsorsium yang dipimpin oleh perusahaan ekuitas swasta Japan Industrial Partners (JIP) yang mencakup perusahaan jasa keuangan Orix, perusahaan utilitas Chubu Electric Power, dan produsen chip Rohm.

Biaya akuisisi tersebut menempatkan Toshiba di tangan investor domestik setelah perselisihan berkepanjangan dengan aktivis investor luar negeri yang melumpuhkan pembuat baterai, chip, serta peralatan nuklir dan pertahanan. Akuisisi ini sekaligus mengakhiri skandal dan pergolakan selama satu dekade.

Adapun, upaya konsorsium untuk melakukan perubahan haluan di Toshiba dipandang sebagai ujian bagi ekuitas swasta di Jepang, yang dahulu dipandang sebagai ‘hagetaka’ atau burung nasar karena dinilai rakus.

Restrukturisasi yang dilakukan Toshiba mencakup hingga 6 persen dari jumlah karyawan. Selain itu, Toshiba juga akan merelokasi fungsi kantor dari pusat kota Tokyo ke Kawasaki dan menargetkan margin laba operasional sebesar 10 persen dalam tiga tahun ke depan.

Gelombang PHK yang telah diumumkan sejumlah perusahaan dalam beberapa bulan terakhir di antaranya produsen mesin fotokopi Konica Minolta, perusahaan kosmetik Shiseido, dan perusahaan elektronik Omron.

Editor : Aditya Pratama

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *