TKN Prabowo-Gibran Klaim Siap Kolaborasi untuk RAPBN 2025 Jika Diminta Jokowi

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Anggota Dewan Pakar Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo, mengatakan Prabowo dan timnya siap membantu penyiapan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2025 jika diminta oleh Presiden Jokowi Widodo. Tahun ini adalah pemerintahan transisi di mana Jokowi akan berakhir jabatannya pada Oktober dan dilanjutkan oleh Prabowo, yang telah ditetapkan oleh KPU sebagai presiden terpilih pada Pemilu 2024. 

Drajad menilai, koordinasi penyiapan RAPBN 2025 merupakan langkah untuk menyiapkan pemerintahan baru sekaligus membuat transisi kebijakan fiskal berjalan mulus. 

“Kewenangan penyusunan RAPBN 2025 sebenarnya masih dipegang oleh pemerintahan Presiden Jokowi. Koordinatornya tentu Menkeu Sri Mulyani,” kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut dalam pesan tertulisnya kepada Tempo, Rabu, 24 April 2024.

Drajad mengatakan TKN Prabowo-Gibran juga bersedia membantu Kementerian Keuangan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Bank Indonesia (BI) menyiapkan postur maupun rincian RAPBN 2025.

“Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran sudah menyiapkan program-program pembangunan, apalagi sebagian program tersebut merupakan kelanjutan program pemerintahan Presiden Jokowi,” tuturnya. 

Sebelumnya, Jokowi menggelar rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 5 April 2024. Rapat tersebut mengenai pagu indikatif Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2025. Jokowi sudah meminta ada komunikasi dengan pemerintahan baru yang bakal dipimpin presiden terpilih 2024-2029. 

Iklan

Menteri Keuangan Sri Mulyani, usai rapat tersebut menyampaikan, Jokowi meminta untuk berkomunikasi dengan pemerintahan baru sehingga pada tahun pertama dapat melaksanakan program prioritas yang disampaikan. Sri mengatakan, karena sifat rancangan ini masih transisi krusial, pemerintah Jokowi akan terus melakukan penajaman untuk desain dan postur APBN Tahun 2025.

“Namun tetap menjaga proses politik secara proper, secara baik,” kata Sri.

Jokowi akan mengakhiri masa pemerintahan pada 20 Oktober 2024, saat Prabowo dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Komisi Pemilihan Umum sudah menetapkan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka-putra Jokowi, sebagai pemenang Pilpres 2024.

Pilihan Editor: Produk Indonesia di Mesir Raup Transaksi Potensial Rp 253 Miliar, Didominasi Biji Kopi

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *