Tips Perawatan Kulit Musim Panas, Pakai Produk Skincare yang Mengandung Antioksidan

  • Share

CANTIKA.COM, Jakarta – Setelah musim panas mencapai puncaknya dengan hari-hari yang panas dan lembab, rutinitas perawatan kulit dan riasan Anda mungkin perlu diperbarui. Namun, musim biasanya memerlukan penyesuaian produk juga untuk memperhitungkan suhu yang memicu keringat, daripada hanya mengganti alas bedak yang lebih terang dengan warna yang lebih gelap.

Bagaimana cara mengubah perawatan kulit dan kecantikan Anda untuk musim panas

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Jatin Mittal, Pakar Perawatan Kulit, Ahli Kosmetologi dan Salah Satu Pendiri Abhivrit Aesthetics, menjelaskan bahwa semuanya tergantung pada perilaku kulit Anda dan mengungkapkan apakah ada penyesuaian yang perlu dilakukan di musim panas. Kulit kita bereaksi dan menangkap informasi dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu, variasi suhu, kelembapan, dan paparan sinar UV di musim panas dapat memengaruhi produksi keringat dan sebum pada kulit kita, yang kemudian dapat berdampak pada pH atau lingkungan mikro kulit kita.

Dr Jatin Mittal menyarankan, “Amati bagaimana kulit Anda berperilaku sebelum melakukan perubahan apa pun pada rutinitas Anda, karena mungkin akan sangat nyaman jika menggunakan produk yang sama sepanjang tahun, tetapi jika Anda melihat kulit Anda merespons secara berbeda, apakah itu berarti Anda mengalami lebih banyak jerawat. atau peningkatan kekeringan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengubah rutinitas Anda.”

Perubahan pertama yang dia rekomendasikan adalah beralih ke “produk dengan formulasi lebih ringan yang tidak terlalu oklusif dan menghidrasi agar kulit dapat bernapas.” Oklusif, sekelompok bahan yang mencakup lilin, petrolatum, silikon, dan minyak mineral, digunakan dalam perawatan kulit untuk membentuk lapisan pelindung pada kulit guna mengunci hidrasi.

Meskipun bahan-bahannya mungkin berguna di musim dingin, terutama jika Anda memiliki kulit kering, bahan-bahan tersebut sering kali menjadi terlalu berat di musim panas. Dr Jatin Mittal menyarankan untuk mencari tips dan perubahan berikut setiap kali Anda membeli atau menggunakan produk skincare apa pun selama bulan-bulan musim panas ini:

1. Hindari pelembab dan riasan tebal atau oklusif dan riasan yang tidak bertanda non-komedogenik. Kosmetik dan produk tersebut berpotensi menimbulkan kerusakan pada jenis kulit yang rentan berjerawat, berminyak, atau bahkan normal.

2. Salah satu pilihan untuk riasan musim panas yang lebih ringan dan menyerap keringat adalah dengan menggunakan krim BB berwarna daripada bedak atau alas bedak cair yang kental.

3. Bulan-bulan musim panas yang hangat dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum dan minyak pada orang-orang dengan kulit berminyak, jadi perawatan mattifying atau pengontrol minyak mungkin layak untuk dicoba.

4. Kertas blotting adalah pilihan tambahan jika Anda khawatir penggunaan produk mattifying akan memperparah jerawat. Mereka dapat digunakan untuk menghilangkan penumpukan minyak berlebih di wajah Anda sepanjang hari.

5. Paparan sinar matahari yang berbahaya di musim panas juga harus dipertimbangkan, oleh karena itu disarankan untuk menyertakan antioksidan dan produk pencerah kulit dalam rutinitas Anda.

6. Produk yang mencerahkan kulit bermanfaat karena dapat membuat kulit kusam tampak lebih bersinar dan bahkan menghilangkan flek hitam. Selain membantu hidrasi dan iritasi, antioksidan melindungi kulit dari penuaan dengan mengurangi pembentukan radikal bebas.

7. Untuk meningkatkan pergantian kulit, yang terjadi ketika kulit kita melepaskan sel-sel kulit lama dan menumbuhkan sel-sel baru di tempatnya, pengelupasan kulit sangat penting terutama selama bulan-bulan hangat dalam setahun. Memanfaatkan sikat ultrasonik dapat memudahkan prosedur.

Meskipun ada banyak perubahan yang dapat Anda lakukan pada rutinitas skincare musim panas Anda, dua bagian terpenting dari setiap rutinitas adalah penggunaan tabir surya setiap hari yang digambarkan oleh Dr Jatin Mittal sebagai “produk perawatan kulit paling penting” bersama dengan mencuci muka setiap hari untuk menghilangkan kotoran, polutan, dari lingkungan.

Pilihan Editor: Mengulik Skin Genomic untuk Perawatan Kulit, Berbasis Profil Genetik

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *