Tips 4 Cara Merawat Bayi Kembar yang Bisa Dilakukan Orang Tua

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Mengasuh bayi kembar tampak gampang gampang sulit untuk dilakukan. Orangtua harus ekstra untuk membagi perhatian secara adil pada si kembar, baik secara fisik maupun emosional. Meskipun tampak tak mudah, memiliki anak kembar menjadi dambaan banyak orangtua. 

Ibu yang baru selesai dan pulih melahirkan harus memastikan tumbuh kembang bayinya terpenuhi. Akan tetapi merawat bayi baru lahir apalagi kembar, membutuhkan tantangan berlipat dibandingkan merawat bayi ganda. Ada beberapa hal yang bisa disiapkan orang tua saat memiliki bayi kembar, apa sajakah itu?

Membuat Jadwal 

Untuk membuat si kembar dapat beradaptasi, orang tua harus rajin membuatkan jadwal secara rutin tiap harinya. Ini untuk mengarahkan apa yang akan harus dilakukan dan yang akan terjadi sepanjang hari. Bayi harus mengikuti waktu tidur, makan atau menyusui, bermain, mandi tepat waktu. Sebab hal ini memengaruhi ketenangan pada si kembar. 

Apabila Anda memiliki dua bayi kembar, lakukan jadwal mereka secara bersamaan. Jika bayi satu terbangun, maka bangunkan yang lainnya. Lalu jika bayi satu saatnya makan, maka beri makan pula berbarengan dengan bayi satunya.

Meminta Bantuan Pengasuhan

Tak ada salahnya meminta dukungan dalam membesarkan anak kembar. Hal ini dapat dilakukan dengan mengundang teman, keluarga, orangtua untuk menyapa si kembar beberapa kali. Atau meminta kesediaan dari keluarga untuk menginap dalam beberapa waktu untuk membantu pengasuhan. Cara lainnya dapat menyewa bantuan dari pihak luar. 

Iklan

Bergabung dalam Komunitas

Selain mengajak sanak atau rekan ke rumah untuk bermain dengan kembar, orang tua dapat bergabung dalam sebuah komunitas daring atau klub lokal di area tempat tinggal. Ini dapat membantu ibu maupun ayah mendapati informasi terkait pengasuhan bayi kembar dan saling berbagi pengalaman. Cara ini juga menjadi salah satu  bantuan untuk orangtua lainnya yang memiliki masalah pengasuhan kembar.

Jangan Membeli Barang Sesuai Jumlah Bayi 

Tak semua barang kembar harus serupa dan sesuai dengan jumlah si kembar. Langkah bijak orang tua dapat pula dengan membeli satu untuk si kembar yang digunakan secara bergantian. Hal ini menimbang tidak semua bayi memiliki ketertarikan yang sama dengan bayi lainnya. Dan tidak memiliki ketahanan daya fungsi jangka panjang, serta untuk langkah hemat tentunya.

Pilihan Editor: Mpok Alpa Umumkan Jenis Kelamin Janin Kembarnya, Berikut Penjelasan tentang Faktor Bayi Kembar

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *