Tinggalkan Level Rp16.300, Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp16.277 per Dolar AS

  • Share

JAKARTA, iNews.id Nilai tukar (kurs) rupiah pada perdagangan hari ini kembali ditutup menguat 52 poin atau 0,32 persen ke level Rp16.277 per dolar AS. Berdasarkan data Bloomberg, rupiah sempat dibuka pada level Rp16.331 per dolar AS.

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi menjelaskan, indeks dolar dan indeks dolar berjangka merosot ke posisi terendah dalam tiga minggu pada perdagangan yang sepi karena libur Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS).

“Sementara meningkatnya ekspektasi penurunan suku bunga juga melemahkan greenback. Fokus saat ini tertuju pada data utama nonfarm payrolls, yang akan dirilis pada hari Jumat, untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai suku bunga,” ucap Ibrahim dalam risetnya, Jumat (5/7/2024).

Sementara, CME Fedwatch menunjukkan para pedagang memperkirakan kemungkinan lebih dari 66 persen Federal Reserve akan menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan September. 

Namun, optimisme terhadap penurunan suku bunga agak teredam oleh sinyal hawkish dari The Fed, dengan risalah pertemuan bank tersebut pada bulan Juni menunjukkan bahwa para pengambil kebijakan masih skeptis terhadap penurunan suku bunga. 

Data nonfarm payrolls juga akan memberikan isyarat yang lebih pasti mengenai pasar tenaga kerja, yang juga menjadi perdebatan utama bagi The Fed dalam menurunkan suku bunga.

Editor : Aditya Pratama

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *