Timnas Indonesia Kalah dari Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick Thohir: Masih Ada Peluang Lawan Filipina

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir berkomentar soal kekalahan Timnas Indonesia dari Irak dalam lanjutan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam pertandingan yang digelar Kamis sore, 6 Juni 2024 itu, gawang Indonesia dibobol dua gol tanpa balas.

Meski kalah, Erick masih optimistis Skuad Garuda lolos ke putaran ketiga karena masih ada laga menghadapi Filipina pada laga terakhir. “Kita masih ada peluang untuk lawan Filipina. Saya dan Pak Menpora tentu terus konsisten mempersiapkan tim nasional sebaik mungkin,” kata Erick ketika ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno seusai pertandingan.

Kendati demikian, Erick tak ingin menganggap remeh Timnas FIlipina. Terlebih dalam pertemuan sebelumnya di babak kualifikasi pada November 2023, Timnas Indonesia ditahan imbang dengan skor 1-1. Ia pun berharap Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan anak asuhnya mengevaluasi hasil pertandingan melawan Irak.

“Artinya tanggal 11 Juni kita harus benar-benar memaksimalkam poin yang hari ini hilang,” kata pria yang juga menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu. 

Dalam laga hari ini, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Timnas Irak. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno itu, Skuad Garuda ditekuk dengan skor 0-2. Dua gol Irak dicetak Aymen Hussein lewat titik putih pada menit ke-54 dan Ali Jasim pada menit ke-88. Timnas Indonesia bermain dengan 10 pemain usai Jordi Amat diusir keluar lapangan pada menit ke-59.

Iklan

Meski kalah, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga masih terbuka. Anak asuh Shin Tae-yong harus mengalahkan Filipina pada laga terakhir fase grup pada Selasa, 11 Juni mendatang. Skuad Garuda saat ini menempati peringkat kedua klasemen sementara grup F dengan koleksi tujuh poin, unggul empat angka dari Vietnam dengan tiga poin.

Pemain Timnas Indonesia Thom Jan Haye (19) mengecoh pemain lawan saat tanding melawan Timnas Irak pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024. Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia dikalahkan oleh Timnas Irak dengan skor 2:0. TEMPO/ Febri Angga Palguna

RIRI RAHAYU | RANDY FAUZI FEBRIANSYAH

Pilihan Editor: Ketika Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On Jadi Sasaran Psywar Pemain Irak Hussein Ali

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *