Thom Haye Yakin Timnas Indonesia Bisa Ladeni Permainan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Gelandang Timnas Indonesia Thom Haye menilai tim Garuda akan mampu meladeni permainan Irak pada pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Duel kedua tim akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 6 Juni mendatang.

Timnas Indonesia masih akan memainkan dua pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni melawan Irak dan Filipina pada 11 Juni mendatang. Satu kemenangan dari salah satu laga tersebut akan mengamankan tiket timnas Indonesia menuju putaran ketiga kualifikasi.

“Menurut saya mereka (Irak) adalah lawan yang bagus, mereka telah memperlihatkannya. Tapi menurut saya kami juga telah memperlihatkan pada pertandingan terakhir, bahwa sekarang kami memiliki kualitas,” kata Thom saat ditemui seusai menjalani latihan tim di Lapangan ABC, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa, 28 Mei 2024.

“Kami juga pernah bermain melawan mereka. Maka bagi saya itu adalah suatu keuntungan. Akan terjadi pertarungan tapi itulah yang perlu kami lakukan, yakni bermain keras dan berjuang,” ujar pemain SC Heerenven tersebut.

Pemain 29 tahun kelahiran Amsterdam itu mengaku merasa beruntung dapat tiba di Indonesia lebih awal, tidak seperti sejumlah pemain lain yang merumput di luar negeri seperti Jay Idzes maupun Justin Hubner. Dengan tiba lebih awal, ia dapat lebih cepat beradaptasi dengan suhu di Indonesia.

Iklan

“(Suhu) Ini berbeda dengan yang biasa saya alami, tapi saya sudah berada di sini beberapa kali, maka saya sudah terbiasa, dan itu sebabnya cukup bagus untuk berada sedikit lebih awal di sini bersama segenap anggota tim untuk mempersiapkan diri untuk pertandingan selanjutnya,” ucap pemain yang pernah berseragam klub Italia, Lecce, tersebut.

Pada musim ini, Thom Haye bermain untuk klub Liga Belanda SC Heerenveen, dengan catatan 32 penampilan dan empat gol. Meski memiliki catatan bagus, kontraknya tidak diperpanjang. Saat ini, ia mengaku belum terikat dengan klub manapun. “Tidak. Saya tidak meneruskan bermain untuk Heerenveen, seperti saya katakan saya menjalani tahun yang bagus, maka saya siap untuk langkah berikutnya,” tutur dia.

Thom yang sudah pernah melihat fanatisme timnas pun berharap atmosfer serupa dapat kembali disajikan, pada dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak dan Filipina. “Pada pertandingan terakhir saat bermain melawan Vietnam saya tidak bisa bermain, tapi saya ada di stadion.”

“Saya melihat atmosfernya, itu sangat bagus untuk disaksikan. Kami berharap mereka bisa mendukung untuk dua pertandingan selanjutnya dan terasa bahwa bersama-sama kami bisa melakukannya, maka mari saling mendukung dan tampilkan yang terbaik,” tutur Thom Haye.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *