Tetap Waspada dan Jangan Sembrono

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto meminta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaannya sebagai bentuk upaya kesiapsiagaan. Hal ini menyikapi rentetan kejadian bencana erupsi gunung api.

Suharyanto juga meminta agar masyarakat tidak melawan apa yang sudah menjadi kodrat alam dan selalu mengikuti anjuran pemerintah. Dia mencontohkan bagaimana erupsi gunung api Semeru kembali menelan korban jiwa karena masyarakat mengabaikan anjuran pemerintah.

“Ada korban satu keluarga karena sudah direlokasi tapi main-main kembali di rumah lamanya. Cari pasir di situ, tiba-tiba ada banjir bandang lahar hujan,” kata Suharyanto dalam keterangannya, Jumat (28/6/2024).

“Kalau kita melawan alam atau melanggar yang sudah digariskan maka ada akibatnya yang harus ditanggung. Ini juga harus disikapi untuk tetap tenang, waspada dan jangan sembrono,” tegasnya.

Kembali ke masyarakat sekitar gunung Merapi, Suharyanto menitipkan pesan agar apa yang sudah terbentuk mulai dari pemahaman literasi, kesiapsiagaan dan mitigasi agar tetap dipertahankan dan dilanjutkan.

Sebab, kata Suharyanto, itu yang menjadi dasar utama dari seluruh rangkaian penanganan bencana, sebagaimana yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa upaya pencegahan harus menjadi dasar utama dalam pengurangan risiko bencana di Tanah Air.

“Tadi saya sudah melihat peragaannya. Beberapa kali saya melihat kesiapan masyarakat di Gunung Merapi ini saya mohon ini dipertahankan. Karena ini menjadi rujukan bagi masyarakat lain di gunung api,” katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *