banner 728x250

Tertarik Menjadi Pramugari? Ini 5 Hal yang Sering Disalahpahami Banyak Orang

  • Share
banner 468x60

TEMPO.CO, JakartaPramugari bertugas menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang pesawat terbang. Lapangan kerja pramugari diperkirakan akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Seiring dengan semakin banyak orang yang bergabung dalam bidang ini. 

Example 300x600

Namun menurut pramugari yang berpengalaman selama hampir 10 tahun, banyak kesalahpahaman tentang karier ini. Kalau tertarik dengan pekerjaan pramugari, berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang menjadi pramugari seperti dilansir dari laman Insider.

1. Pramugari bergegas menuju pesawat terbang

Menjadi pramugari membutuhkan fleksibilitas, terutama saat pertama kali bertugas. Banyak pramugari baru yang ditempatkan sebagai cadangan, yang berarti mereka hanya diberikan tugas ketika perlindungan diperlukan. Jika pramugari lain menelepon karena sakit atau tidak dapat tiba di bandara tepat waktu untuk perjalanannya, pegawai cadangan akan menggantikannya.

2. Reservasi khusus harus datang ke bandara paling cepat 

Pernah melihat pramugari berlari ke gerbang atau muncul tepat sebelum naik pesawat terbang? Mereka mungkin sudah ada reservasi lebih dulu. Sebab itu, mereka harus datang paling cepat dua jam sebelumnya. 

3. Menjaga keamanan lingkungan di pesawat terbang

Menjadi pramugari lebih dari sekadar menyajikan soda dan menerima pesanan makanan. Pramugari dilatih secara menyeluruh untuk menjaga lingkungan yang aman di pesawat terbang. 

Iklan

Selama pelatihan, pramugari harus belajar bagaimana merespons latihan keselamatan penerbangan berdasarkan skenario. Termasuk mengevakuasi penumpang seara efisien, merespons turbulensi, dan memberikan CPR. Bagi pramugari keselamat penumpang prioritas paling utama di antara hal lainnya. 

4. Sangat menghargai sopan santun 

Pramugari sangat menghargai perilaku yang baik. Misalnya menggunakan kata “tolong” atau “terima kasih” yang sederhana. Meski sederhan, secara tidak langsung dapat membuat suasana kerja mereka sangat baik.

5. Khawatir saat jadwal penerbangan ditunda

Sama seperti penumpang, pramugari juga ingin penerbangan tepat waktu. Sebagian besar pramugari tidak dibayar segera setelah masuk kerja. Gaji per jam dimulai saat pintu pesawat ditutup dan berhenti setelah kita mendarat dan pintu boarding dibuka kembali. Pramugari bisa bertugas selama 13 jam dan dibayar hanya enam atau tujuh jam, tergantung lama perjalanan dan waktu antar penerbangan.  

Pilihan editor: Pramugari Ingatkan Bahaya Pakai Sabuk Pengaman pada Pergelangan Kaki

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *