Terpopuler: FNKSDA Kritik Sikap PBNU Terima Izin Tambang, Profile Menantu Anwar Usman di Pertamina

  • Share

TEMPO.CO, JakartaBerita terpopuler yang banyak mendapat perhatian pembaca adalah tentang Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA), organisasi advokasi di lingkaran Nahdlatul Ulama (NU), yang meminta para nahdliyin tak latah merayakan suka-cita Pengurus Besar NU (PBNU) menerima konsesi tambang dari pemerintah. Sebab, mereka memandang sikap itu bertentangan dengan keputusan PBNU yang pernah mengharamkan tambang.

Berita lain juga banyak dibaca masih terkait dengan bagi-bagi konsesi tambang ke Ormas keagamaan oleh pemerintahan Jokowi. Aliansi Masyarakat Adat Nusantara atau AMAN menilai aturan itu secara substansi bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara atau Minerba. AMAN juga menyebut masuknya ormas keagamaan dalam pusaran pertambangan berpotensi memicu konflik horizontal antara masyarakat adat dan ormas terkait. Kondisi ini berpeluang terjadi karena adanya tumpang tindih WIUPK yang dimiliki ormas dan wilayah adat dari masyarakat. 

Berita berikutnya juga masih terkait bagi-bagi izin tambang untuk Ormas keagamaan. Kali ini Majelis Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang menegaskan bahwa pemberian izin pertambangan untuk ormas keagamaan melanggar Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan sebagaimana telah diubah dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja (UU Administrasi Pemerintahan). 

Lalu berita mengenai profil menantu eks Ketua Mahkamah Agung (MK) Anwar Usman, Joko Priyambodo yang diangkat menjadi salah satu direktur anak usaha PT Pertamina (Persero). Joko tercatat menjabat sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik sejak 20 Mei 2024.

Berikut rangkuman berita terpopuler Tempo.co:

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *