banner 728x250

Terkini: Alasan Prabowo-Gibran akan Dilantik di IKN, Mengapa Petinggi PT Bukit Asam Divonis Bebas?

  • Share
banner 468x60

TEMPO.CO, Jakarta – Berita terkini yang banyak mendapat perhatian pembaca adalah tentang rencana pelantikan presiden-wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akan diadakan di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Example 300x600

Berita lain yang juga banyak mendapat perhatian pembaca adalah tentang Gibran Rakabuming Raka yang mengatakan akan belajar program makan siang gratis dari India. Rencana itu dia sampaikan saat bertemu dengan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia, Shri Sandeep Chakravorty yang menyambangi kantornya di Balai Kota Solo, Jawa Tengah.

Selanjutnya adalah berita mengenai fasilitas yang akan disediakan oleh PT Jasa Marga untuk menyambut musim mudik Lebaran. Jasa Marga menyediakan 49 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah rest area. Ini untuk memudahkan para pemudik yang menggunakan mobil listrik untuk pulang kampung.

Lalu berita mengenai pernyataan Ketua Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Subakti Syukur yang mengatakan bahwa pemeliharaan di ruas jalan tol telah siap untuk menyambut musim mudik lebaran.

Kemudian berita mengenai alasan majelis hakim tindak pidana korupsi Pengadilan Negeri Palembang memvonis bebas empat mantan petinggi PT Bukit Asam (PTBA) dan bekas Direktur Utama PT SBS atau PT Satria Bahana Sarana. Para terdakwa sebelumnya dituntut hukuman hingga 19 tahun penjara.

Berikut rangkuman lima berita terkini Tempo.co:

  1. Prabowo-Gibran akan Dilantik di IKN

Pelantikan presiden terpilih 2024 bakal dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Pelantikan presiden, rencananya di sana,” kata Basuki di Komplek DPR RI, Selasa, 2 April 2024.

Adapun presiden-wakil presiden yang dinyatakan Komisi Pemilihan Umum terpilih dalam Pilpres 2024 adalah pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Mereka menang di 36 provinsi dan mengantongi 96 juta suara. Mereka mengalahkan dua pasangan lain yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Namun, kemenangan tersebut belum final karena sengketa Pilpres 2024 masih diproses di Mahkamah Konstitusi.

Sebelumnya, lokasi pelantikan presiden terpilih 2024 ditanyakan Anggota Komisi V DPR RI Roberth Rouw dalam rapat kerja pada Senin, 1 April 2024. Pasalnya, dalam konstitusi, pelantikan presiden dan wakil presiden dilakukan di ibu kota negara. Sementara,  Jakarta bukan lagi ibu kota negara seiring disahkannya Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta atau UU DKJ.

“Siap nggak, IKN untuk melantik  presiden? Bukan di sini (Jakarta),” ujar Roberth dalam rapat kerja Senin kemarin. Ia pun meminta Basuki untuk menyampaikan hal tersebut kepada Presiden Jokowi.

Berita lengkap bisa dibaca di sini.

Selanjutnya: Gibran Ingin Belajar Program Makan Gratis dari India, Berharap…

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *