Tepati Janji, Brain Cipher Serahkan Kunci Enkripsi Data PDNS 2

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Terduga peretas atau hacker Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya, ransomware gang Brain Cipher, menepati janji memberikan kunci pembuka enkripsi secara gratis. Kunci itu diserahkan usai Brain Chiper meminta maaf.

Kabar tersebut diungkap akun X perusahaan keamanan siber asal Singapura Stealthmole, @stealthmole_int. Dalam unggahannya, Stealthmole menampilkan tangkapan layar pernyataan Brain Cipher dalam situs dark web.

“‘Brain Cipher’ Mendistribusikan Kunci Dekripsi Gratis. Mereka merilis pernyataan lanjutan di situs dark web mereka dengan tujuh jawaban pertanyaan populer. Pernyataan itu termasuk alasan menyerang data center dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas kesabarannya,” tulis akun @stealthmole_int, Rabu (3/7/2024).

Dalam keterangannya, Brain Cipher menyatakan keputusan memberikan kunci enkripsi data ini menjadi pertama dan terakhir kali.

“Ini adalah pertama dan terakhir kalinya korban menerima kunci secara gratis,” tulis Brain Cipher.

“Seperti yang Anda ketahui, pusat data adalah industri teknologi tinggi yang membutuhkan investasi besar, dan setiap orang yang menjalankan bisnis ini harus mengetahui hal ini. 99 dari 100 perusahaan tersebut harus membayar jika mereka berada dalam situasi tanpa harapan,” tambahnya.

Editor : Rizky Agustian

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *