Tanggapi Hasil Undian Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Erick Thohir Akui Timnas Indonesia di Grup Berat

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Hasil undian putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia baru saja digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis, 27 Juni 2024. Timnas Indonesia berada di Grup C bersama raksasa Asia, Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan Cina. 

Merespons hasil undian tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan Timnas Indonesia siap memberikan kemampuan terbaiknya dalam bersaing dengan lima negara lainnya. Untuk pertandingannya akan digelar dengan format home and away.

Meski berada di grup yang tidak mudah, Erick meminta para penggawa Timnas Indonesia tetap semangat dan mempersiapkan diri. Ia mencontohkan kiprah Austria dan Georgia di Piala Eropa atau Euro 2024 yang sedang berlangsung di Jerman saat ini. Kedua tim ini bisa lolos babak 16 besar turnamen ini. 

“Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendor. Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan. Lihat saja di Piala Eropa 2024 ini, bagaimana kiprah Austria atau Georgia. Jadi tetap melawan walau di grup berat,” ujar Erick di Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024, seperti dikutip dari rilis yang dibagikan tim media PSSI.

Kepada para pemain tim nasional, Erick meminta untuk mempersiapkan diri sejak dini setelah undian dilakukan. “Itulah sebab, kami di PSSI mengatur dengan Liga untuk jadwal hingga tiga tahun ke depan agar agenda persiapan timnas dan pemainnya ke kualifikasi Piala Dunia bisa saling sinergi,” ujarnya menambahkan.

Ketua Umum PSSI itu juga meminta para pemilik klub untuk memberikan dukungannya kepada pemain tim nasional yang di klubnya dengan memberi jam bermain lebih banyak. Dengan begitu, kata dia, ketajaman, kematangan, serta skill pemain tersebut meningkat selama berkompetisi dan berujung pada peningkatan performa ketika membela timnas.

Dia mengingatkan, meski PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru telah memberikan fleksibelitas dalam merekrut banyak pemain asing, tetap harus memberikan jam bertanding kepada para pemain timnas. 

“Artinya, PSSI dan Liga sudah memberikan fleksibilitas ke klub dalam hal boleh mengontrak delapan pemain asing, dengan enam bisa bermain dan dua cadangan. Kebijakan itu jangan langsung mematikan jam bermain para pemain timnas di klub tersebut. Pemain berstatus timnas tetap harus dapat prioritas karena ujungnya meningkatkan kualitas skuad timnas,” kata dia.

Mantan Presiden Inter Milan itu memastikan PSSI akan menyusun persiapan dengan baik. Salah satunya dengan memanggil pemain terbaik yang bangga membela Timnas Indonesia di kancah internasional.

“Saya harap empat hari sebelum pertandingan kualifikasi para pemain sudah bergabung sehingga pelatih dan pemain punya waktu lebih banyak dalam mempersiapkan tim. Jadi tidak ada alasan lagi. Kita ingin yang terbaik untuk kesempatan emas ini,” kata Erick.

Iklan

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara itu juga meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia, agar skuad Garuda dapat menunjukkan penampilan terbaiknya dan terus menorehkan prestasi bahkan hingga lolos ke putaran final Piala Dunia. 

Berikut hasil lengkap undian babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang menggunakan format home and away.

Grup A:
1. Iran
2. Qatar
3. Uzbekistan 
4. Uni Emirat Arab
5. Kirgistan 
6. Korea Utara

Grup B:
1. Korea Selatan 
2 . Irak
3. Yordania 
4. Oman
5. Palestina 
6. Kuwait

Grup C:
1. Jepang
2. Australia 
3. Arab Saudi 
4. Bahrain
5. Cina
6. Indonesia 

Enam tim yakni juara dan runner-up dari tiga grup akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara, tim peringkat ketiga dan keempat dari masing-masing grup, akan menjalani pertandingan putaran keempat. 

Di putaran keempat, keenam tim akan dibagi menjadi dua grup. Juara grup di babak ini akan lolos ke putaran final, sehingga ada delapan tim dari Asia yang akan berkompetisi di turnamen sepak bola dunia.

Asia masih dapat menambah satu lagi wakilnya, sehingga jumlahnya sembilan. Satu tim tambahan ini adalah pemenang dari duel tim runner-up di putaran keempat. Dengan begitu, total ada sembilan tim dari Asia yang nanti akan tampil di Piala Dunia 2026.

Pilihan Editor: Simak Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *