Syahrul Yasin Limpo Klaim Berjasa Rp 2.400 Triliun Tiap Tahun ke Negara: Nama Saya Hancur

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL mengklaim dirinya telah berkontribusi Rp 2.400 triliun untuk pemasukan negara setiap tahun. Hal itu dikatakan SYL saat diberi kesempatan oleh hakim untuk memberi tanggapan atas keterangan saksi dalam sidang lanjutan dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Saya sedikit saja, saya berkontribusi kepada negara ini Rp 2.400 triliun setiap tahun,” ujar SYL di ruang sidang Pengadilan Tipikor, PN Jakarta Pusat, hari ini, Rabu, 5 Juni 2024. 

SYL mengungkit keberhasilan Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinannya dalam melakukan ekspor dan impor. Menurut dia, kinerjanya juga diakui langsung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi. 

“Saya jadi menterinya di atas Rp 20 ribu triliun, jadi enggak mungkin main-main seperti ini bapak, maafkan saya, dan ini pernyataan dari presiden 14 agustus 2023 tentang pernyataan ini. Untuk impor dan ekspor saya naik Rp 275,15 triliun,” tuturnya.

Iklan

Eks Gubernur Sulawesi Selatan itu juga mengungkap perasaannya karena merasa namanya hancur akibat kasus dugaan korupsi di Kementan. “Maaf saya harus sampaikan ini, saya di media hancur Bapak,” kata dia. “Saya siap dengan segalanya, mohon, saya ini pegawai negeri dari rendahan, tidak pernah ada saya punya job lain selain ASN.”

Dalam perkara korupsi di Kementan itu, jaksa KPK mendakwa Syahrul Yasin Limpo bersama Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, serta Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta menerima gratifikasi sebesar Rp 44,5 miliar dari hasil memeras para pejabat eselon 1 di Kementan.

Pilihan Editor: Polisi Cari Pemilik Akun Facebook yang Minta Ibu Cabuli Anak di Tangsel

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *