Swasta Bantu Pugar Cagar Budaya Pura Mangkunegaran Surakarta

  • Share

Pengunjung sedang memadati salah satu area Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah(MI)

Salah satu perusahaan swasta Tanah Air, Nippon Paint Indonesia, ikut berperan mempercantik objek wisata Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah. Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia Marsellino Najoan mengatakan langkah yang dilakukan perusahaan cat tersebut adalah mengecat ulang beberapa bagian Pura Mangkunegaran. Beberapa area tersebut di antaranya pamedan, pendapa ageng, dan area tempat tinggal keluarga Mangkunegaran.

“Ini sangat penting mengingat saat ini Pamedan Mangkunegaran juga merupakan salah satu
lokasi yang sering digunakan untuk pelaksanaan event di Kota Surakarta. Selain itu, juga terdapat pendapa ageng yang merupakan salah satu pendapa terbesar di Indonesia,” ujar Marsellino.

Ia mengatakan Pura Mangkunegaran dipilih sebagai salah satu kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan karena merupakan salah satu pusat kebudayaan Jawa yang terletak di Kota Surakarta.

Baca juga : Tembok Situs Cagar Budaya Keraton Kartosuro Dijebol, BPCB dan Polisi Turun Tangan

“Saat ini Mangkunegaran sangat terbuka terhadap kerja sama pemajuan kebudayaan, baik adat-istiadat dan tradisi maupun kontemporer. Tingginya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara merupakan bentuk apresiasi dari masyarakat kepada Mangkunegaran dan juga bukti tingginya minat masyarakat luas pada kebudayaan nusantara,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, penguasa Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara X mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kami harap program ini menjadi inspirasi bagi banya k pihak untuk turut serta dalam upaya pelestarian cagar budaya. Selain itu, memberikan nilai tambah bagi destinasi wisata di Kota Surakarta,” tuturnya.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *