Stasiun di Sekitar PRJ Diserbu Penumpang! Paling Ramai di Mana?

  • Share

JAKARTA, iNews.id – PT KAI Commuter mencatat lonjakan penumpang di stasiun sekitar penyelenggara acara Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran, Jakarta Pusat. Bahkan, peningkatan terjadi hingga 137 persen per hari.

Menurut Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba akumulasi volume pengguna Commuter Line Jabodetabek mencapai 312.629 orang. Hal itu diambil per Sabtu (29/6/2024) hingga pukul 14.00 WIB.

Stasiun Teramai

Volume di Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Sudirman yang berada di sekitar kawasan pusat bisnis dan perbelanjaan, masing-masing mencatat ada 25.052 orang dan 10.909 orang yang turun di stasiun tersebut. Sedangkan penumpang yang turun di Stasiun Jakarta Kota yang berada di kawasan wisata Kota Tua sebanyak 11.833 orang. 

Tak hanya itu, KAI Commuter juga memantau pergerakan pengguna di stasiun-stasiun yang berlokasi di dekat event PRJ di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, yaitu Stasiun Kemayoran dan Stasiun Rajawali. Per pukul 14.00 WIB ini, volume pengguna yang turun di Stasiun Kemayoran tercatat sebanyak 2.263 orang, sedangkan di Stasiun Rajawali menyentuh angka 3.276 orang.

KAI Commuter juga mencatat rata-rata volume pengguna yang turun di Stasiun Kemayoran pada akhir minggu sebelum event PRJ tercatat di angka 3.655 orang per harinya. 

Sedangkan, rata-rata pada akhir pekan pada saat event PRJ ini mengalami kenaikan sebesar 22 persen atau sebanyak 4.453 orang yang turun di Stasiun tersebut. Bahkan, pengguna yang turun di Stasiun Rajawali mengalami kenaikan 137 persen atau rata-rata sebanyak 3.596 orang per harinya.
  
Di Stasiun Kemayoran dan Stasiun Rajawali setiap harinya melayani 101 perjalanan Commuter Line untuk tujuan Bekasi/Cikarang atau tujuan Angke/Tanah Abang. Jadwal perjalanan terakhir pukul 22.45 WIB untuk tujuan Bekasi/Cikarang dan pukul 22.41 untuk tujuan Angke/Tanah Abang. 

Sementara itu, total perjalanan Commuter Line Bekasi/Cikarang setiap harinya dioperasikan sebanyak 260 perjalanan pada hari kerja dan sebanyak 246 perjalanan pada hari Sabtu/hari libur setiap harinya.

Editor : Puti Aini Yasmin

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *