Starlink Milik Elon Musk Mau Masuk RI, Telkom Siap Bersaing?

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan layanan internet Starlink milik Elon Musk akan segera meluncur di Indonesia. Lantas, apakah PT Telkom Indonesia Tbk siap bersaing?

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono mengatakan pihaknya tidak khawatir atas kehadiran Starlink. Sebab, nilai (value) yang ditawarkan Starlink berbeda dibandingkan dengan layanan seluler, IndiHome ataupun fix broadband. 

Maka dari itu, Telkom Indonesia menyambut baik kehadiran pemain baru dalam bisnis internet di Indonesia. 

“Untuk Starlink, kami hari ini tidak khawatir karena memang value-nya berbeda dibandingkan dengan cellular maupun indihome atau fix broadband,” ujar Bogi Witjaksono usai RUPS Tahun Buku 2023, Jumat (3/5/2024). 

Menurutnya, harga layanan yang ditawarkan Starlink juga berbeda. Di mana, terdapat disparitas harga yang cukup tinggi dibandingkan fix broadband dan seluler milik Telkom.

“Untuk Starlink dari segi harga pun kalau bisa dilihat di website, disparitas harganya juga cukup lumayan apabila dibandingkan dengan fix broadband maupun seluler, sehingga ini value proporsinya berbeda dengan layanan kita selama ini,” tutur dia. 

Masuknya investasi Starlink digadang-gadang dapat memperkuat sektor ekosistem digital di dalam negeri. Hal ini sekaligus meningkatkan keamanan siber (cyber security). 

Selain itu, lewat teknologi yang disediakan Starlink, orang mampu mengakses informasi yang lebih luas lagi. 

Editor : Puti Aini Yasmin

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *