Solo Belum Punya Anggaran untuk Piala AFF U-16 2024, Gibran Janji Cari Solusi: Tenang Saja

  • Share

TEMPO.CO, Solo – Wali Kota Solo yang juga Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengakui Pemerintah Kota Solo belum memiliki anggaran untuk penyelenggaraan Piala AFF U-16 2024 di Kota Solo, Jawa Tengah, yang dijadwalkan 21 Juni-4 Juli mendatang. Namun, dia berjanji akan mencarikan solusinya. 

Hal itu disampaikan Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Selasa, 4 Juni 2024. “Nanti kami Carikan solusinya,” ujarnya kepada wartawan. 

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu mengungkapkan penunjukkan Kota Solo sebagai venue penyelenggaraan AFF U-16 2024 terbilang mendadak. Selain AFF U-16, dia menyebut Kota Solo juga akan menjadi venue gelaran Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas XVII 2024. Meskipun begitu, dia tidak mempermasalahkannya. 

“Ini kan acara yang agak mendadak. AFF, Peparnas. Tapi nggak apa-apa. Nanti akan kami carikan solusinya (anggarannya). Tenang aja,” ucap dia. 

Menurut Gibran, Pemerintah Kota Solo sudah berpengalaman menjadi tuan rumah di sejumlah penyelenggaraan event-event besar. Dia menilai event-event itu pun dapat berlangsung sukses. 

“Solo kan sudah berkali-kali berpengalaman menjadi tuan rumah dan semuanya sukses. Jadi saya kira nggak masalah,” kata dia.

Meskipun persiapan penyelenggaraan AFF U-16 2024 ini terbilang akan cukup singkat karena hanya tersisa dua pekan lagi, Gibran tetap menyatakan optimismenya. “Nggak masalah. Tunggu aja, ditunggu aja. Tenang saja,” katanya. 

Berkaitan dengan penyelenggaraan AFF U-16 2024 lebih lanjut, dia mengatakan, akan berkoordinasi dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, termasuk berkoordinasi ihwal pengerahan siswa atau pelajar untuk menyaksika event tersebut. Jadwal pertandingan bertepatan dengan momentum liburan sekolah. 

Iklan

“Nanti kita komunikasi lagi dengan Pak Ketum PSSI ya,” tuturnya. 

Disinggung tentang kesiapan venue, Gibran menilai Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari saat ini sudah cukup siap. Dia meminta agar masyarakat untuk tenang. “Nanti kami tindaklanjuti lagi untuk detailnya ya,” ucap dia. 

Indonesia akan menjadi tuan rumah tunamen sepak bola tingkat negara Asia Tenggara untuk dua kelompok umur sekaligus, yakni usia di bawah 16 dan 19 tahun atau Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19. Kedua turnamen itu akan berlangsung Juni dan Juli 2024.

Piala AFF U-16 2024 akan digelar di Solo dan Piala AFF U-19 2024 di Surabaya, seperti diumumkan akun Instagram ASEAN Football @theaseanfootball. “Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengumumkan bahwa Piala AFF U-16 dan U-19 2024 akan digelar di Indonesia pada kota Surakarta dan Surabaya,” bunyi pernyataan mereka.

Piala AFF U-16 2024 bakal digelar di Solo pada 21 Juni hingga 4 Juli 2024, di Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari. Sedangkan Piala AFF U-19 2024 di Surabaya dihelat pada 17 sampai 29 Juli 2024, di Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion Gelora 10 November.

Pilihan Editor: Jelang Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 Lakukan Persiapan Akhir di Kota Solo

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *