Shin Tae-yong Akui Kartu Merah Jordi Amat pada Laga Timnas Indonesia vs Irak Buat Timnnya Kesulitan

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong buka suara mengenai kartu merah yang diterima Jordi Amat dalam laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Kamis, 6 Juni 2024. Ia mengakui keluarnya Jordi dari lapangan pertandingan membuat timnya kesulitan mengembangkan permainan.

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dalam laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat itu berakhir dengan skor 0-2. Adapun dua gol Singa Mesopotamia dicetak oleh Ali Jasim dan Aymen Hussein.

Jordi Amat menerima kartu merah usai melakukan pelanggaran keras terhadap Youssef Amyn tepat di depan kotak penalti pada menit ke-59. Saat itu situasi Tim Merah Putih sedang tertinggal 0-1. Keluarnya bek asal klub Johor Da’rul Tazim itu merubah alur permainan Skuad Garuda.

Indonesia tertekan hampir sepanjang sisa pertandingan hingga akhirnya gol kedua Irak tercipta melalui Ali Jasim yang memanfaatkan blunder Ernando Ari pada menit ke-88. “Memang kesalahan terakhir (Jordi) yang membuat kartu merah itu menjadikan kami jatuh dalam kondisi sulit. Untuk masalah itu, Jordi akan mengecek dan mengevaluasi dirinya sendiri,” ujar Shin Tae-yong dalam jumpa pers usai pertandingan.

Ini bukan kali pertama Jordi melakukan blunder. Pada pertemuan pertama kontra Irak di Basra pada November 2023, dia membuat gol bunuh diri. Kala itu, Timnas Indonesia takluk dengan skor telak 1-5. Setelah itu, pemain berusia 29 tahun tersebut juga membuat kesalahan lagi dalam pertandingan melawan Filipina. Ia kehilangan bola di lini tengah sehingga berbuah gol untuk The Azkals dan laga berakhir imbang 1-1.

Iklan

Walau begitu, Shin Tae-yong menilai Jordi tetap merupakan salah satu pemain terbaik yang masih bisa bersaing di level teratas sepak bola. “Jordi memang merupakan salah satu pemain terbaik dan saya tidak melihat kesalahan-kesalahan itu karena faktor usianya.”

Dengan kartu merah yang diterimanya, Jordi Amat dipastikan absen saat Timnas Indonesia menjamu Filipina dalam laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa, 11 Juni mendatang. Namun Shin Tae-yong masih memiliki banyak opsi untuk menambal lubang yang ditinggalkan sang pemain. Beberapa nama, seperti Jay Idzes, Muhammad Ferarri, hingga Sandy Walsh bisa mengisi posisinya.

Pemain Timnas Indonesia foto bersama pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Timnas Irak di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Pilihan Editor: Shin Tae-yong Ungkap Kesalahan Sendiri Jadi Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia dari Irak

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *