Sekolah Peternak Domba di Kebumen

  • Share

Dokter hewan sedang memberikan obat.(Metro TV/Imam Nurdiansyah)

ADA sekolah khusus peternak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah. dan memiliki 1.000 ternak yang menjadi murid untuk bersekolah. Sekolah itu menyasar 150 peternak dengan hewan yang terdiri dari domba, kambing, maupun sapi.

Sekolah unik itu sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Di sekolah ini, peternak tidak datang sendiri ke sekolah, tetapi mereka menjalankan home schooling di setiap kandang kelompok ternak maupun kandang peternak mandiri.

Guru dari sekolah peternak itu ialah para dokter hewan dari Puskeswan Kecamatan Klirong yang setia datang untuk memberikan edukasi dan melakukan pengecekan kesehatan pada setiap hewan ternak. Program tersebut bertujuan penguatan kapasitas peternak domba di Desa Jatimulyo.

Baca juga : Tragis, Anak Bunuh Ayah Kandung di Karanggayam Kebumen, Pelaku Sempat Kabur

Pada sekolah ternak itu dilakukan vaksinasi, penyuntikan vitamin, dan pemberian obat cacing pada ternak. Ada juga pemberian edukasi terkait manajemen pakan domba, manajemen kandang, dan penanganan penyakit. 

“Sebenarnya program ini kita himpun dalam edukasi kepada peternak. Namanya sekolah peternak domba Desa Jatimulyo. Ini semacam klinik konsultasi yang berkolaborasi oleh Puskeswan Kecamatan Klirong,” ujar Sabid Banani, Kepala Desa Jatimulyo.

Drh Zaskia Putri Pertiwi dari Puskeswan Klirong menjelaskan awalnya banyak peternak yang bertanya kepada pihaknya. Pemberian obat cacing, misalnya, tidak boleh diberikan ke hewan yang sedang bunting atau setelah dikawin. “Kami edukasi dulu ke peternaknya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman itu.” (Z-2)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *