Samsung akan Beli Perusahaan AI Medis Prancis

  • Share

Logo Sonio.(Dokpri)

PERUSAHAAN teknologi Korea Selatan, Samsung, mengatakan pada Rabu (8/5) bahwa pihaknya akan membeli perusahaan kecerdasan buatan Prancis Sonio untuk meningkatkan sistem diagnostik medis mutakhirnya. 

Penggunaan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir di berbagai disiplin ilmu dan industri, termasuk perawatan medis. Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia berinvestasi besar-besaran untuk menerapkan AI ke dalam produk mereka.

Pembelian Sonio oleh pembuat peralatan medis Samsung, Medison, afiliasi dari raksasa cip dan ponsel pintar global Samsung Electronics, akan meningkatkan perawatan ibu melalui sistem USG yang disempurnakan dengan AI, menurut keterangan tertulis perusahaan.

Baca juga : Aneka Fitur Galaxy AI di S23 Series

“Kolaborasi dengan Sonio akan menyatukan teknologi AI USG terbaik di kelasnya dan kemampuan pelaporan untuk membawa perubahan paradigma dalam pemeriksaan USG prenatal,” kata Yong Kwan Kim, CEO Samsung Medison.

Samsung akan mengakuisisi seluruh saham Sonio seharga 126 miliar won (sekitar US$92 juta), menurut catatan keuangan publik. 

Kesepakatan itu harus mendapat persetujuan peraturan termasuk dari Prancis. Setelah selesai, Sonio akan tetap berkantor pusat di Prancis.

Baca juga : LG Siap Luncurkan ‘Smart Home AI Agent’ pada Ajang CES 2024 di Las Vegas, AS

“Selain kolaborasi erat dengan Samsung Medison, sebagai perusahaan independen, Sonio akan terus memajukan teknologi pelaporan medis dan perangkat lunak diagnostik secara global, termasuk untuk area yang kurang terlayani dalam layanan kesehatan,” kata CEO Sonio Cecile Brosset.

Teknologi AI Sonio menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan akurasi, kualitas, dan analisis ultrasound.

Produk Sonio, Detect, yang disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat, membantu menganalisis gambar janin, termasuk struktur otak dan jantung.

Baca juga : Akselerasi Pertumbuhan Indonesia dengan Kecerdasan Buatan

Akuisisi ini menandai langkah terbaru Samsung untuk memperkuat penawaran AI-nya.

Samsung Electronics ialah produsen chip memori terbesar di dunia, termasuk versi yang digunakan pada perangkat keras AI terbaik dari pemimpin industri seperti Nvidia.

Perusahaan ini juga merupakan salah satu pembuat ponsel pintar terbesar di dunia. Model terbaru yang diluncurkan pada Januari didukung oleh teknologi Galaxy AI milik mereka sendiri. (AFP/Z-2)

 

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *