Salip Bernard Arnault, Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

  • Share

JAKARTA, iNews.id – CEO Tesla, Elon Musk kembali menjadi orang terkaya di dunia melampaui taipan barang mewah asal Prancis, Bernard Arnault. Hal ini terjadi setelah Musk mengumumkan startup kecerdasan buatan barunya xAI mengumpulkan 6 miliar dolar AS dengan penilaian pra-valuasi sebesar 18 miliar dolar AS.

Mengutip Forbes, kekayaan bersih Musk diperkirakan mencapai 209,5 miliar dolar AS atau setara Rp3.405 triliun. Angka tersebut melampaui kekayaan yang dimiliki Arnault sebesar 204,3 miliar dolar AS atau setara Rp3.320 triliun.

Sementara, pendiri Amazon Jeff Bezos turun ke posisi tiga orang terkaya di dunia dengan kekayaan diperkirakan mencapai 200 miliar dolar AS atau setara Rp3.251 triliun.

Sebelumnya, Musk meluncurkan xAI pada Juli 2023 untuk menyaingi ChatGPT milik OpenAI yang juga didirikan Musk pada 2015 sebelum meninggalkan perusahaan tersebut tiga tahun kemudian.

Forbes memperkirakan bahwa Musk memiliki 60 persen saham di xAI senilai 14,4 miliar dolar AS. Sisa kekayaan Musk sebagian besar berasal dari hampir 12 persen saham Tesla dan sekitar 42 persen saham SpaceX yang masig-masing bernilai sekitar 75 miliar dolar AS. 

Sementara itu, Forbes memperkirakan nilai 74 persen saham Musk di perusahaan media sosialnya kini bernilai sekitar 7 miliar dolar AS atau hampir 70 persen lebih rendah dari yang dia bayarkan pada 2022.

Kenaikan saham Tesla dan melonjaknya saham SpaceX telah membuat Musk sempat bergeser dari posisi orang terkaya di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Arnault sempat menyalip Musk pada akhir Januari, ketika hakim di Delaware membatalkan hampir 50 miliar dolar AS opsi saham Tesla berbasis kinerja yang awalnya diberikan kepada Musk pada 2018. 

Editor : Aditya Pratama

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *