Safari Apple Siap Naik Level, Bakal Punya Peramban AI dan Penyaring Konten

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Apple sedang menguji pemakaian sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan atau AI pada peramban Safari. Deretan fitur canggih itu akan masuk dalam sistem operasi (OS) generasi terbaru, yaitu iOS 18 dan MacOS 15.

Dilansir dari AppleInsider, Selasa, 30 April 2024, pembaruan OS itu dipastikan untuk tahun ini, meski waktu persisnya belum disebutkan. Namun, Apple kemungkinan bakal mempromosikan fitur-fitur anyar itu dalam World Wide Developer Confernce (WWDC) pengenalan produk yang rutin diadakan Apple di California, Amerika Serikat, secara tahunan. Kali ini, WWDC akan diadakan pada 10-14 Juni 2024.

Salah satu peningkatan Safari yang paling menonjol adalah browser yang lebih “pintar” karena sistem AI. Pada masa pengujian, peningkatan ini harus diaktifkan secara manual melalui menu kontrol. Safari akan diperkuat dengan Ajax—nama kode model bahasa besar AI milik Apple—untuk mencari topik dan informasi yang sesuai dengan keinginan pengguna.

Apple berupaya menghadirkan peringkasan teks melalui AI. Sistem yang bekerja sebagai pembuat kesimpulan otomatis itu mampu memilih ide utama dari sebuah artikel, bahkan buku. Artinya pengguna Safari bisa membaca poin utama pada konten yang dicari, tanpa perlu membuka teks secara keseluruhan. Dalam ulasan AppleInsider, fitur ini dibuat untuk menyaingi AI generatif milik entitas pesaing, misalnya ChatGPT buatan OpenAI.

Fitur lain yang sedang diuji Apple adalah Web Eraser. Sesuai namanya, sistem ini dirancang untuk menghapus atau menyaring bagian tertentu dari laman web. Untuk kebutuhan privasi, pengguna Safari nantinya bisa menihilkan konten yang tidak diinginkan dari web yang mereka pilih. Contoh konten yang bisa dihapus adalah banner iklan, gambar, teks. Fitur ini bahkan bisa menghapus satu halaman penuh, bila tidak cocok dengan keinginan pengguna.

Iklan

Lantaran berbasis AI, web eraser berfungsi secara terus menerus. Artinya, Safari akan mengingat penyesuaian yang sudah diatur pengguna perangkat meskipun tab atau jendela laman web sudah ditutup. Peramban Apple tetap menyediakan opsi pemulihan kondisi laman web seperti sedia kala, sebelum dimodifikasi dengan web eraser.

Fitur Visual Lookup atau pencarian berbasis gambar pada Safari juga semakin canggih berkat AI. Sistem ini memungkinkan pengguna memperoleh informasi tentang produk ketika menelusuri gambar. Informasi berbagai objek, mulai dari tanaman, hewan peliharaan, bangunan terkenal, dan sebagainya akan muncul dalam penelusuran foto.

Meski informasi sudah bocor ke publik, pembaruan fitur pada peramban Safari masih dalam tahap pengembangan. Sebelum bisa memakai fitur canggih berbasis AI tersebut, publik harus menunggu hasil pengujian internal oleh tim Apple.

Pilihan Editor: 30 Tahun Perjalanan Baby-G, Casio Luncurkan Jam Tangan Berdesain Ganda

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *