Rutin Olahraga Punya Beragam Manfaat untuk Ibu Menyusui

  • Share
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutter Stock
Olahraga sangat baik untuk kesehatan setiap orang termasuk ibu menyusui. Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, olahraga juga dapat membuat ibu menyusui lebih sehat.

Tapi, apakah olahraga bisa berpengaruh pada produksi ASI?

Ada mitos yang berkembang di masyarakat kalau olahraga bisa mengurapi produks ASI. Namun, para pakar menyebut belum ada bukti ilmiah dari kepercayaan tersebut. Anda bisa olahraga sepuasnya tanpa takut berdampak pada produksi ASI.

Pastikan saja untuk memenuhi asupan air agar tetap terhidrasi. Anda pun perlu memastikan cukup minum sebelum dan setelah olahraga.

Sebelum berolahraga, menyusui atau memompa ASI juga penting dilakukan untuk menghindari perasaan tidak nyaman karena payudara yang bengkak.

Ilustrasi olahraga. Foto: Shutterstock

Yuk, cari tahu beragam mafaat olahraga untuk ibu menyusui.

Manfaat Berolahraga untuk Ibu Menyusui

Menjadi ibu baru cenderung melelahkan. Olahraga ringan akan membantu ibh lebih berenergi dan segar. Sehingga, Anda memiliki energi lebih untuk merawat si kecil.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Berolahraga cukup setelah melahirkan dapat membantu mencegah depresi pascamelahirkan atau Postpartum Depression (PPD). Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat menyebut, satu dari delapan ibu melahirkan mengalami PPD.

Menyusui sudah membakar antara 300 dan 500 kalori setiap hari. Sehingga menggabungkannya dengan olahraga ringan dapat membantu penurunan berat badan usai melahirkan.

Ilustrasi perempuan olahraga di rumah. Foto: Shutter Stock

4. Membangun Ikatan Lebih Baik dengan Bayi

Olahraga meningkatkan suasana hati Anda. Sehingga proses menyusui akan cenderung lebih menyenangkan. Dengan begitu, ikatan Anda dengan si kecil akan terbangun lebih baik.

Lantas, olahraga apa yang cocok untuk ibu menyusui?

Setidaknya ada beberapa olahraga yang bisa dicoba, yakni yoga pascapersalinan, pilates, jalan cepat, berenang, bersepeda, latihan beban, aerobik,!push-up, plank, dan sit-up. Anda bisa memulainya dengan olahraga yang mudah dilakukan di rumah saat bayi Anda tidur siang.

Ya Moms, olahraga bisa menjadi istirahat dari rutinitas mengasuh anak, lho.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *