Rusia Bombardir Pangkalan Udara Ukraina Lagi, Giliran Jet Tempur MiG-29 yang Hancur

  • Share

MOSKOW, iNews.idJet tempur MiG-29 Ukraina hancur dalam serangan udara Rusia ke sebuah pangkalan udara, demikian laporan Kementerian Pertahanan Rusia, Kamis (4/7/2024).

jet tempur superioritas itu sedang diparkir di Pangkalan Udara Dolgintsevo, Dnipro, saat dihantam rudal Iskander. Rudal balistik jarak pendek tersebut menjadi hantu menakutkan bagi Ukraina dalam beberapa hari belakangan karena kerap menghancurkan fasilitas militer. 

“Seorang kru dari sistem rudal balistik jarak pendek Iskander meluncurkan serangan terhadap apron pangkalan Dolgintsevo,” bunyi pernyataan Kemhan Rusia, seperti dilaporkan kantor berita TASS.

Hasilnya, satu unit pesawat tempur MiG-29 angkatan bersenjata Ukraina, rudal udara ke darat, dan kendaraan layanan teknis penerbangan lainnya hancur. 

Kemhan juga merilis video dari udara kerusakan di Lanud Dolgintsevo.

Kemhan Rusia pada Selasa lalu juga merilis lima unit jet tempur Sukhoi Su-27 Ukraina hancur dan dua lainnya rusak dalam serangan terhadap Lanud Myrhorod di Poltava.

“Sebagai hasil dari serangan Rusia, lima jet tempur multi-peran Su-27 yang masih aktif hancur dan dua lainnya rusak,” bunyi pernyataan.

Serangan tersebut juga dilakukan menggunakan beberapa rudal Iskander. Untuk membuktikan keberhasilan tersebut, Kemhan merilis video serangan yang menunjukkan api membakar pangkalan disertai asap yang membubung tinggi.

Militer Rusia mengincar pangkalan-pangkalan udara Ukraina di saat negara itu bersiap menerima pasokan jet tempur F-16 dari negara-negara Barat. 

Editor : Anton Suhartono

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *