Ronald Koeman Minta Timnas Belanda Pertahanan Performa di Perempat Final Euro 2024

  • Share

Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman(AFP/INA FASSBENDER )

PELATIH timnas Belanda Ronald Koeman meminta para pemainnya untuk mempertahankan performa terbaik mereka saat bermain di perempat final atau delapan besar Euro 2024.

Belanda tampil luar biasa saat mengalahkan Rumania 3-0 dalam pertandingan 16 besar. Gol dari Cody Gakpo dan dua gol Donyell Malen mengamankan tiket ke perempat final untuk tim Oranye.  

Performa tersebut berbanding terbalik ketika Belanda dikalahkan di laga terakhir Grup D oleh Austria dengan skor 2-3, pekan lalu.

Baca juga : Ronald Koeman Tegaskan Belanda Tahu Apa yang Harus Dilakukan Kontra Austria

“Performa keseluruhan hari ini sangat luar biasa dan ini yang kami butuhkan untuk terus berada di turnamen ini. Ini adalah level yang harus dipertahankan, bila menurun dari level ini maka kami tidak akan mencapai final,” ujar Koeman usai pertandingan.

Menurut Koeman, timnya masih harus memperbaiki beberapa kekurangan sebelum perempatan final termasuk soal gol kedua yang terbilang terlalu lama berhasil dibukukan oleh Belanda.

“Mungkin satu poin penting adalah butuh waktu terlalu lama untuk mencetak gol kedua. (Secara keseluruhan) kami membuat Rumania berada dalam masalah besar lewat serangan yang kami susun,” kata Koeman.

Baca juga : Ronald Koeman Klaim Timnas Belanda Seharusnya Menang 4-1 Atas Polandia 

Koeman mengakui keberhasilan lolos ke perempat final Piala Eropa 2024 mulai membuat Tim Oranye kali ini dibandingkan dengan tim-tim generasi sebelumnya.

“Kami punya banyak talenta hebat di tim. Tentu saja tim ini butuh memenangkan sesuatu, barulah kemudian orang-orang akan membandingkannya dengan generasi 1988,” ujar Koeman.

Koeman masuk dalam Generasi 1988 saat Timnas Belanda memenangkan Piala Eropa. Gelar itu adalah satu-satunya gelar Belanda di kejuaraan besar sedangkan di level Piala Dunia, Belanda tiga kali masuk final tanpa pernah menjadi juara. (Ant/Z-1)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *