Resmi Diusung Golkar di Pilkada Solo 2024, Sekar Tandjung Masuk Radar PKS

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Partai Golkar resmi mengusung putri politikus senior Akbar Tandjung, Sekar Krisnauli Tandjung, pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada Solo 2024. Menurut Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kota Surakarta, Taufiqurrahman, pada prinsipnya pihaknya tidak akan membuka pendaftaran untuk penjaringan internal.

“Masalahnya, Golkar itu sudah lebih dari setahun sudah ada penunjukan. Sudah ada personel yang ditunjuk oleh DPP untuk menjadi kandidat, untuk berusaha melakukan lobi-lobi khusus di daerahnya masing-masing,” kata dia di Solo, Jawa Tengah, Rabu, 29 Mei 2024.

Dia mengatakan, di Kota Solo, ada dua orang yang diberi tanggung jawab tersebut, yakni Ketua DPD Partai Golkar Surakarta Sekar Tandjung dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Aris Munandar.

“Beberapa hari lalu, kami sudah melakukan rapat pleno bahwa keduanya menyatakan sikapnya masing-masing. Pak Aris Munandar menyatakan sikap bahwa beliau mendukung Mbak Sekar untuk maju sehingga saat itu kami tanya Mbak Sekar dan setuju,” ujar dia.

Dengan demikian, pada kontestasi Pilkada Surakarta 2024, pihaknya hanya mendukung, mengusung, dan mengajukan satu nama, yakni Sekar Tandjung.

“Mbak Sekar akan all out untuk ikut di dalam kontestasi Pilkada 2024,” kata Taufiqurrahman.

Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikan apakah Sekar akan maju sebagai calon wali kota atau calon wakil wali kota.

“Masalah AD 1 (wali kota) atau AD 2 (wakil wali kota), kalau surat penunjukan DPP itu bisa wali atau wakil. Itu tergantung pada perkembangan dinamika politik,” katanya.

Golkar Menjajaki Koalisi dengan Parpol Lain

Dia menuturkan saat ini Partai Golkar juga sedang menjajaki koalisi dengan sejumlah partai politik lain.

“Seperti hari ini PKS ke Kantor DPD Partai Golkar karena sesuai dengan hasil polling mereka. Minggu ini kami juga akan ketemu dengan PAN dan PKB, pekan depan insyaallah akan kami bicarakan dengan tiga partai lain, yakni Gerindra, PSI,  dan PDI Perjuangan. Semua partai akan kami jajaki, terutama yang ada kursi di parlemen,” katanya.

Dia mengatakan Sekar juga akan melobi sejumlah bakal calon yang sudah mengemuka seperti Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan Rektor Universitas Surakarta (UNSA) Astrid Widayani. 

“Kami akan melakukan lobi khusus. Insyaallah dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan beliau-beliau,” katanya.

Selanjutnya, PKS Solo serahkan hasil penjaringan ke Golkar…

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *