Reaksi Dunia terhadap Penembakan PM Slovakia Robert Fico

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Perdana Menteri Slovakia Robert Fico menderita luka-luka yang mengancam nyawanya ketika ia ditembak dalam sebuah percobaan pembunuhan pada Rabu, 15 Mei 2024, kata kantor pemerintah.

Berikut ini adalah reaksi-reaksi atas percobaan pembunuhan tersebut:

Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen

“Tindakan kekerasan seperti itu tidak memiliki tempat dalam masyarakat kita dan merusak demokrasi, kebaikan bersama kita yang paling berharga. Pikiran saya bersama PM Fico dan keluarganya.”

Presiden Ceko Petr Pavel

“Serangan terhadap Robert Fico jelas tercela, apa pun motivasinya. Ini harus menjadi peringatan bagi kita tentang ke mana arah yang bisa ditimbulkan oleh kebencian dan agresivitas dalam masyarakat. Saya berharap Robert Fico dapat keluar dari insiden ini tanpa dampak yang berkepanjangan.”

Kanselir Jerman Olaf Scholz

“Berita tentang upaya pembunuhan pengecut terhadap Perdana Menteri Slovakia Fico sangat mengejutkan saya. Kekerasan seharusnya tidak memiliki tempat dalam politik Eropa.”

Presiden Rusia Vladimir Putin

“Tidak ada pembenaran untuk kejahatan mengerikan ini. Saya mengenal Robert Fico sebagai seorang yang berani dan berpikiran kuat. Saya sangat berharap bahwa kualitas-kualitas ini akan membantunya untuk bertahan dalam situasi yang sulit ini.”

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

“Setiap upaya harus dilakukan untuk memastikan bahwa kekerasan tidak menjadi norma di negara, bentuk, atau bidang apa pun.”

Presiden Amerika Serikat Joe Biden

“Saya sangat terkejut mendengar laporan serangan terhadap Perdana Menteri Slovakia Robert Fico. Kami mengutuk tindakan kekerasan yang mengerikan ini. Kedutaan Besar kami berhubungan erat dengan pemerintah Slovakia dan siap membantu.”

Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban

“Saya sangat terkejut dengan serangan keji terhadap teman saya, Perdana Menteri Robert Fico. Kami berdoa untuk kesehatan dan pemulihannya yang cepat! Tuhan memberkati dia dan negaranya!”

Perdana Menteri Polandia, Donald Tusk

“Berita mengejutkan dari Slovakia. Robert, pikiran saya bersama Anda di saat yang sangat sulit ini.”

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak

“Terkejut mendengar berita buruk ini. Semua pikiran kami bersama Perdana Menteri Fico dan keluarganya.”

Kanselir Austria Karl Nehammer

“Upaya pembunuhan terhadap PM Slovakia Fico sangat mengejutkan saya, tidak ada tempat bagi kebencian dan kekerasan dalam demokrasi kita.”

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg

“Saya berharap dia mendapatkan kekuatan untuk pemulihan yang cepat. Pikiran saya bersama Robert Fico, orang-orang yang dicintainya, dan rakyat Slovakia.”

Presiden Dewan Eropa Charles Michel

“Tak ada yang bisa membenarkan kekerasan atau serangan-serangan semacam itu.”

 

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *