Raih Penghargaan dari PBB, Mbak Ita Ungkap Peran Megawati di Balik Kesuksesannya

  • Share

SEMARANG, iNews.id – Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu membeberkan salah satu kunci sukses Kota Semarang meraih penghargaan penanganan stunting dari United Nations atau Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Incheon, Korea Selatan, Rabu (26/6/2024) lalu.

Saat dijumpai setibanya di Semarang dari Korea Selatan, Kamis (27/6/2024), perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut menuturkan, jika keberhasilan pengentasan stunting di Kota Semarang salah satunya adalah pemberian makanan untuk anak stunting dan ibu hamil hasil masakan dari buku Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Generasi Emas Indonesia arahan Megawati.

Dia mengatakan, pada 2023, Pemerintah Kota Semarang melakukan intervensi pemberian makanan dari buku resep tersebut. Dengan pengelolaan di Day Care Rumah Penanganan Lintas Sektor Baduta Stunting (Rumah Pelita), pihaknya berhasil menurunkan angka stunting yang semula berjumlah 1.386 anak menjadi 872 anak serta menurunkan angka ibu hamil kekurangan energi kronis dari semula 1.634 ibu hamil menjadi 596 ibu hamil.

“Jadi kami melakukan salah satu upaya penurunan stunting dengan mengimplementasikan pemberian makanan dari buku resep masakan Ibu Megawati, bahwa masakan-masakan untuk mengatasi stunting itu mudah, murah, juga bisa disantap oleh semua keluarga. Alhamdulillah buku resep masakan yang pertama kemarin termasuk yang berhasil mengantarkan kami pada prestasi ini,” katanya.

“Alhamdulillah, berkat implementasi buku resep tersebut, Kota Semarang dapat penghargaan dari United Nations atau Perserikatan Bangsa- bangsa dalam acara UN Public Service Forum 2024,” ucapnya.

Melihat manfaat buku resep pertamanya, Megawati memberikan resep-resepnya untuk pemberian makanan terhadap baduta dan ibu hamil untuk wilayah Indonesia Bagian Timur. Saat ini sudah disusun kembali oleh Mbak Ita dan siap untuk di-launching bersama BKKBN dalam waktu dekat.  

Editor : Anindita Trinoviana

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *