Putusan MA soal Batas Usia Calon Kepala Daerah, KPU Jakarta: Belum Pengaruhi Tahapan Verifikasi Administrasi

  • Share

TEMPO.CO, JakartaKPU DKI Jakarta tengah memverifikasi administrasi dokumen syarat dukungan bakal calon perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024. Hari ini, Sabtu, 1 Juni 2024 menjadi hari terakhir tahapan tersebut.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Provinsi DKI Jakarta Doddy Wijaya mengatakan hasil putusan MA yang menambah tafsir soal syarat usia calon kepala daerah tak mempengaruhi hasil dari kegiatan verifikasi administrasi nanti.

Doddy menjelaskan tahapan kali ini masih dilakukan untuk pencalonan perseorangan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

“Jadi karena tidak terkait dengan calon perseorangan, maka saya kira itu tidak berkaitan langsung dengan tahapan saat ini,” ucapnya di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Sabtu, 1 Juni 2024.

Namun, ada kemungkinan hasil putusan MA akan mempengaruhi tahapan Pendaftaran Pasangan Calon yang diselenggarakan pada 27-29 Agustus 2024. Dody mengaku sampai saat ini belum mendapat arahan dari KPU Pusat. 

Ia menegaskan bahwa KPU DKI Jakarta juga masih menunggu koordinasi lebih lanjut. “Karena regulatornya adalah KPU Pusat, jadi kami akan menunggu apakah hal tersebut akan diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) pencalonan,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik mengaku pihaknya belum menerima salinan putusan MA yang memerintahkan mencabut aturan soal batas minimal usia calon kepala daerah.

“Dalam konteks prinsip berkepastian hukum, KPU harus tunggu file putusan yang dimaksud dipublikasikan secara resmi oleh MA,” kata Idham saat dihubungi dari Jakarta, Kamis, 30 Mei 2024.

Iklan

Diwartakan sebelumnya, MA mengabulkan permohonan uji materiil Partai Garuda terkait aturan batas minimal usia calon kepala daerah.

Keputusan itu tertuang dalam Putusan Nomor 23 P/HUM/2024 yang diputuskan oleh Majelis Hakim MA pada Rabu, 29 Mei 2024.

Dalam amar putusan tersebut, MA mengubah ketentuan dari yang sebelumnya calon gubernur dan wakil gubernur berusia berusia 30 tahun terhitung sejak penetapan pasangan calon menjadi setelah pelantikan calon.

Dalam pertimbangannya, MA menyatakan Pasal 4 ayat (1) huruf d PKPU Nomor 9 Tahun 2020 ini bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, yakni UU Nomor 10 Tahun 2016. 

DEFARA DHANYA PARAMITHA | ANTARA

Pilihan Editor: KPU DKI Coklit Data Pemilih Pilgub Jakarta 2024 Awal Juni

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *