Puncak Hujan Meteor Eta Aquarid Akan Terjadi Malam Ini, Dapat Dilihat di Indonesia

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Puncak hujan Meteor Eta Aquarid akan terjadi malam ini. Fenomena alam tersebut biasa terjadi pada Mei dan puncaknya diprediksi pada 5-6 Mei 2024.

Dilansir dari NASA, Minggu (5/5/2024), Meteor Eta Aquarid dikenal karena kecepatannya yang mencapai 148.000 mph atau 532.800 km/jam ke atmosfer bumi. Umumnya, ada 30 meteor per jam yang dapat dilihat pada saat puncaknya.

Dalam unggahan di akun X (Twitter) @infoAstronomy, hujan Meteor Eta Aquarid diberi nama sesuai dengan titik kemuculan di langit. Artinya, meteor ini muncul dari arah rasi bintang Akuarius, tepatnya dekat bintang Eta Akuarii.

Arah langit terbaik untuk melihat hujan meteor ini dari rasi bintang Akuarius. Sementara rasi bintang Akuarius akan terbit di langit timur mulai pukul 02.00 dini hari WIB. Ini menjadi waktu terbaik untuk mengamati hujan Meteor Eta Aquarid.

Namun, pada dasarnya Meteor Eta Aquarid dapat diamati di mana pun dari Bumi asalkan kondisi lokasi pengamatan gelap gulita tanpa polusi cahaya. Untuk itu, lokasi terbaik untuk mengamatinya seperti di pengunungan, pantai, atau persawahan di desa.

Lantas, apakah hujan Meteor Eta Aquarid dapat dilihat dari Indonesia? Sejumlah wilayah di Indonesia dapat melihat fenomena alam ini dengan jelas. Sayang, di Pulau Jawa potensi untuk mengamatinya sangat kecil akibat polusi cahaya yang sangat tinggi.

Sementara lokasi terbaik untuk melihat hujan Meteor Eta Aquarid berada di Papua, di hampir seluruh wilayahnya. Lokasi kedua berada di Kalimantan, di mana dua wilayah tersebut sangat minim polusi cahaya.

Untuk mengamati fenomena alam tersebut, tidak diperlukan teleskop karena dapat dilihat dengan jelas dan tidak akan merusak mata. Tapi, ada beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan untuk mengamati Meteor Eta Aquarid.

Mengingat akan terjadi pada dini hari, maka dibutuhkan jaket tebal untuk melindungi tubuh dari terpaan angin. Kursi lipat juga diperlukan karena akan ada satu meteor setiap dua menit sehingga dibutuhkan kesabaran saat mengamati hujan meteor.

Bisa juga mempersiapkan tenda, sehingga bisa sambil camping dengan rekan atau keluarga saat mengamati hujan Meteor Eta Aquarid. Mengingat jeda yang cukup lama, disarankan membawa bekal untuk menghilangkan rasa bosan.

Editor : Dani M Dahwilani

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *