banner 728x250

Puluhan TNI Gugur di Papua, Politisi Golkar Desak Pemerintah Perjelas Otoritas

  • Share
banner 468x60

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno Laksono, saat diwawancarai wartawan di kawasan Hotel Aryaduta Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (16/11/2023). Foto: Fadlan Nuril Fahmi/kumparan

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar, Dave Laksono, merespons banyaknya prajurit TNI dan Polri yang gugur di Papua atas ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Data yang disampaikan oleh Pangdam XVII Cendrawasih, Mayjen Izak Pangemanan menyebut, ada 34 orang aparat gugur di Papua sepanjang 2023 hingga awal 2024 ini.

Example 300x600

Dave menyebut, pemerintah perlu memberi otoritas yang tegas bagi aparat untuk bertindak di Papua.

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah F Laksono. Foto: Faiz Zulfikar/kumparan

"Kami terus menyerukan agar pemerintah dapat memberikan otoritas yang jelas dan tegas kepada para aparat penegak hukum dala menjalankan tugasnya, melindungi masyarakat sipil dan mereka sendiri," kata Dave, lewat keterangan tertulis, Rabu (3/4).

Jumlah tersebut belum termasuk korban sipil yang tewas pada konflik yang tak berkesudahan ini. Menurut catatan Kodam Cendrawasih, jumlah korban sipil yang tewas juga mencapai 34 orang dalam rentang 2023 hingga awal 2024.

Sejumlah prajurit TNI AL melakukan doa bersama di Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Jakarta, Senin (28/3/2022). Foto: M Risyal Hidayat/Antara Foto

Bagi Dave, jumlah tersebut sudah cukup banyak sehingga perlu arahan yang lebih tegas dan jelas menyangkut nyawa mereka di situasi konflik.

"Sudah terlalu banyak korban militer dan sipil yang kerap berjatuhan, akibat kekerasan dan kekejaman kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) ini," katanya.

Terakhir, Praka Riadi, dari Yonif 323 gugur saat menelepon istrinya di depan sebuah kios di kompleks Bandara Milawak Beoga pada 22 Maret. Usai menembak, para anggota KKB itu lari ke ujung Bandara Milawak Beoga.

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *