Profil Zhang Zhi Jie yang Meninggal Saat Bertanding Bintang Bulu Tangkis Masa Depan Tiongkok

  • Share

Pebulu Tangkis putra Tiongkok Zhang Zhi Jie.(X @Badminton_Asia)

PEBULU Tangkis putra Tiongkok Zhang Zhi Jie meninggal dunia setelah pingsan di lapangan saat pertandingan Kejuaraan Asia Junior 2024 (Badminton Asia Junior Championships)  di Yogyakarta, Minggu malam (30/6).

Zhang Zhi Jie kemudian langsung dibawa ke rumah sakit. Namun, nyawa atlet berusia 17 tahun itu tidak tertolong.

“Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin,” demikian bunyi pernyataan bersama Badminton Asia dan PBSI.

Profil Zhang Zhi Jie

Dilansir laman BWF, Zhang Zhi Jie lahir pada 30 Januari 2007. Ia merupakan atlet potensial Tiongkok yang berada di peringkat ke-8 dunia untuk kategori junior.

Tahun ini menjadi pencapaian terbaiknya di level kejuaraan junior.  Dia menjadi kampiun di ajang Yonex Dutch Junior International 2024 yang berlangsung pada Februari pada 28 Feberuari-3 Maret di Indonesia. Di partai puncak, ia meraih gelar juara setelah memenangkan perang saudara melawan sesama wakil Tiongkok, Hu Hze An. 

Beberapa hari setelahnya, Zhang menjadi runer-up di YONEX German Junior 2024 pada 6-10 Maret. Di partai puncak dia berhadapan sesama wakil Tiongkok, Wang Zi Jun. 

Di tahun sebelumnya, Zhang menjadi juara 3 di WONCHEON YONEX Korea Junior International Challenge 2023. Zhang juga berpartisipasi di BWF World Junior Championships 2023 dan Badminton Asia Junior Championships edisi 2023.

Namun perjalanan karier Zhang harus terhenti di edisi 2024. Ini terjadi ketika Zhang sedang bertanding di penyisihan grup antara Tiongkok dan Jepang. Pada saat itu, pertandingan berlangsung ketat dengan skor imbang 11-11 di gim pertama melawan wakil Jepang, Kazuma Kawamo.

Zhang sempat kejang, dan kemudian pingsan. Tim medis segera menolongnya lalu membawana ke rumah sakit terdekat. Nyawanya tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.20 WIB. Tiongkok kehilangan calon bintang masa depannya.

“Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok mengungkapkan duka mendalam atas meninggalnya Zhang Zhijie yang tidak disengaja, dan menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga Zhang Zhijie,” tulis pernyataan Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok (CBA).

“Saat ini, pihak rumah sakit setempat belum mengetahui penyebab penyakit tersebut. Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok terus menjalin kontak dengan Federasi Bulu Tangkis Asia, Panitia Penyelenggara Kejuaraan Bulu Tangkis Remaja Asia, dan pihak-pihak di Indonesia secara tepat waktu,” lanjut pernyataan CBA. (P-5)

 

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *