Prakiraan Cuaca Sabtu 6 Juli 2024 Hujang Ringan Mendominasi, Waspadai Ketinggian Gelombang Laut

  • Share

Prakiraan Cuaca Sabtu 6 Juli 2024: Hujang Ringan Mendominasi,  Waspadai Ketinggian Gelombang Laut.(Tangkapan layar BMKG)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Sabtu (6/7) dengan sebagian besar wilayah Indonesia dilanda hujan ringan hingga lebat.

BMKG juga memprediksi adanya satu buah sirkulasi siklonik di wilayah Samudra Hindia Barat Daya Bengkulu. Sirkulasi ini membentuk daerah konvergensi di beberapa wilayah, termasuk Aceh hingga Sumatera Utara, Selat Karimata hingga Selat Sunda, Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, serta perairan Selatan Banten hingga Barat Daya Lampung. 

Selain itu, konvergensi juga terpantau di Laut Maluku hingga Teluk Tomini dan di Papua pegunungan hingga Papua Barat. Daerah konfluensi atau pertemuan angin terdapat di Laut Jawa hingga Laut Cina Selatan, yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.

Baca juga : Prakiraan Cuaca: Jakarta Diguyur Hujan hingga Jumat Siang 5 Juli 2024

Angin permukaan di wilayah Indonesia diperkirakan bergerak dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan antara 10 hingga 50 km/jam. BMKG memperingatkan peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) yang diprediksi terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa, sekitar Teluk Bone, Laut Banda, dan Laut Arafura. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan ketinggian gelombang di wilayah-wilayah tersebut. Suhu di kota-kota besar di Indonesia diperkirakan berkisar antara 18 hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban antara 50% hingga 100%.

Ketinggian gelombang di wilayah Indonesia secara umum diperkirakan berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. BMKG mengingatkan untuk mewaspadai ketinggian gelombang lebih dari 2,5 meter di Samudra Hindia Barat Sumatera, wilayah selatan Jawa hingga selatan NTB. Banjir pesisir atau banjir rob juga diperkirakan terjadi di pesisir Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Banten, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Barat.

Prakiraan Cuaca di Kota-Kota Besar

Baca juga : Prakiraan Cuaca: Jakarta Selatan Turun Hujan Kamis Siang 4 Juli 2024

Sumatera
  – Padang: Berawan
  – Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang: Hujan ringan
  – Jambi: Hujan ringan
  – Bengkulu: Hujan sedang
  – Palembang, Pangkalpinang, Bandar Lampung: Hujan disertai kilat/petir

Jawa
  – Surabaya: Cerah berawan
  – Yogyakarta: Berawan tebal
  – Jakarta, Semarang: Hujan ringan
  – Serang, Bandung: Hujan sedang

Bali dan Nusa Tenggara
  – Kupang, Denpasar: Cerah berawan hingga berawan
  – Mataram: Hujan ringan

Baca juga : Sejumlah Kota Besar Hari Ini Diprediksi Diguyur Hujan

– Kalimantan
  – Palangkaraya: Hujan sedang
  – Samarinda: Hujan lebat
  – Pontianak, Tanjung Selor, Banjarmasin: Hujan disertai kilat/petir

Sulawesi
  – Makassar: Berawan
  – Kendari: Hujan ringan
  – Mamuju, Palu: Hujan sedang
  – Gorontalo, Manado: Hujan disertai kilat/petir

– Indonesia Bagian Timur
  – Manokwari, Jayapura: Hujan ringan
  – Ambon, Ternate: Hujan sedang

BMKG mengingatkan bahwa informasi cuaca ini merupakan gambaran umum di masing-masing wilayah. Untuk informasi yang lebih mendetail dan diperbarui setiap 3 jam, masyarakat dapat mengunduh aplikasi Info BMKG di App Store maupun Play Store. Semoga informasi ini bermanfaat.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *