Prakiraan Cuaca Jumat 7 Juni 2024, Angin Kencang Melanda Sebagian Wilayah

  • Share

Prakiraan cuaca, angin kencang melanda sebagian wilayah(BMKG)

MENURUT Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), prakiraan angin permukaan di  Indonesia esok hari, Jumat (7/6) umumnya mengarah timur hingga tenggara dengan kecepatan angin 10 hingga 30 km/jam. Serta waspada terhadap angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Di samping itu, BMKG menyebut wilayah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari Samudera Hindia selatan Jawa Barat hingga Banten. Selanjutnya Laut Natuna hingga Laut Natuna Utara, Perairan Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, Laut Sulu, Laut Timur-Tenggara, Timur Maluku hingga Laut Maluku, Kepulauan Aru dari pesisir barat Papua Selatan hingga Utara.

Daerah konfluensi atau pertemuan angin juga terpantau di Laut Jawa, Laut Natuna Utara, Laut Sulawesi, dan Laut Filipina. Situasi ini meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi.

Baca juga : BMKG Ingatkan Empat Pulau di NTT Berpotensi Dilanda Angin Kencang

Untuk suhu udara esok hari, berkisar antara 19 hingga 34 derajat Celcius, dengan kelembapan berkisar antara 50 hingga 100 persen. Prakiraan tinggi gelombang laut di Indonesia biasanya 0,5 hingga 2,5 meter. Namun, waspadai terjadinya gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di Samudera Hindia bagian barat dari Kepulauan Nias hingga Lampung dan di Samudera Hindia selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur.

Waspadai juga kemungkinan terjadinya banjir rob di wilayah pesisir Sumatera Utara, pesisir Banten, pesisir Jakarta, pesisir Jawa Timur, pesisir Jawa Tengah, pesisir Kalimantan Timur, dan  pesisir Sulawesi Tenggara. 

Prakiraan Cuaca di Kota Besar Wilayah Indonesia

1. Pulau Sumatera

Prakiraan cuaca esok hari umumnya berawan di wilayah Banda Aceh dan Padang. Hujan ringan diprakirakan terjadi di wilayah Pekanbaru dan Tanjung Pinang. Hujan sedang berpotensi terjadi di wilayah Medan.

Baca juga : Prakiran Cuaca Hari Ini, Sejumlah Kota Besar Hujan Disertai Angin Kencang

Selain itu, cuaca di wilayah Bengkulu dan Pangkal Pinang sebagian besar cerah berawan, hingga berawan. Sementara potensi  berkabut terjadi di wilayah Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung.

2. Pulau Jawa 

Wilayah Serang, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya sebagian besar cerah berawan hingga berawan. Hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Bandung dan Semarang.

3. Bali dan Nusa Tenggara

Hujan ringan diprakirakan terjadi di wilayah Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Baca juga : BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Sepekan ke Depan

4. Kalimantan

Wilayah Samarinda, Pontianak, dan Palangkaraya secara umum berpotensi hujan ringan dan waspada terhadap hujan petir di wilayah Banjarmasin dan Tanjung Selor.

5. Sulawesi 

Hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Gorontalo, Palu, Mamuju, dan Makassar. Hujan sedang berpotensi terjadi di Kendari. Hati-hati terhadap hujan petir di wilayah Manado.

6. Indonesia Bagian Timur  

Secara umum potensi hujan ringan terjadi di wilayah Ternate, Manokwari, dan Jayapura. Selain itu, waspada terhadap hujan petir di wilayah Ambon. (Z-10)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *