Prabowo-Gibran Bertemu Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed, Bahas Hubungan Bilateral

  • Share

TEMPO.CO, JakartaPresiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menemui Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Istana Al Shati, Abu Dhabi, Senin, 13 Mei, 2024.

Prabowo dan MBZ membahas hubungan bilateral, khususnya di bidang pertahanan dan militer, serta cara-cara untuk meningkatkan kerja sama demi kepentingan kedua negara. Dalam pernyataan yang sama dibagikan oleh tim media Prabowo menyebutkan, Menteri Pertahanan dan MBZ juga bertukar pandangan mengenai sejumlah isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama.

Kedua pemimpin, juga disebut membahas hubungan kerja sama. MBZ disebut menekankan ketertarikannya untuk memanfaatkan hubungan strategis yang kuat antara UEA dan Indonesia. Uni Emirat Arab diyakini ingin memperdalam kerja sama dan mendorong pembangunan dan kesejahteraan bersama. 

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo, Herwin Tri Nugroho, pada Senin, 13 Mei 2024, mengatakan Gibran akan ke Uni Emirat Arab hingga 17 Mei. 

Wali Kota Solo itu disebut akan menyampaikan laporan berkaitan dengan perkembangan proyek fisik dari dana hibah, termasuk hibah rumah sakit yang dalam proses pembangunan.  

“Jadi dalam hal ini juga ada pembicaraan ketika pembangunan dana hibah selesai arahnya dari MBZ seperti apa, semua dilaporkan,” kata Herwin.

Iklan

Hubungan diplomatik Indonesia dan UEA sudah terjalin dengan baik sejak tahun 1976. Uni Emirat Arab merupakan mitra perdagangan dan investasi utama Indonesia di Kawasan Timur Tengah.

UEA menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia di antara negara-negara Timur Tengah, dengan total perdagangan USD5,06 miliar. Selain itu, UEA telah menjadi salah satu pasar utama bagi Indonesia, dengan minyak sawit menjadi komoditas ekspor terpenting.


DANIEL A. FAJRI, SEPTIA RYANTHIE

Pilihan Editor: Sekjen Gerindra dan PDIP Kompak, Bilang Begini soal Persamuhan Prabowo-Megawati

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *