Prabowo Diharapkan Punya Strategi Jitu untuk Maksimalkan SDA

  • Share

Prabowo Subianto.(AFP/YASUYOSHI CHIBA)

PRESIDEN Indonesia terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto diharapkan memiliki strategi jitu dalam memaksimalkan sumber daya alam (SDA). Agar program kampanye terkait SDA dapat terlaksana dengan tepat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Anggawira mencontohkan pemerintah seharusnya dapat melakukan terobosan dan penghematan dalam mengelola sumber liquefied natural gas (LNG) atau gas alam cair. Namun pembangunan jaringan gas tidak pernah dieksekusi komprehensif dalam 20 tahun terakhir.

“Padahal kalau dilakukan kita akan menghemat subsidi LPG yang makin bengkak. Jadi saya rasa itu strategi juga,” ujar Anggawira dalam keterangan tertulis, Sabtu, 1 Juni 2024.

Baca juga : Presiden Terpilih Harus Optimal Gunakan Pengalaman dan Jaringan untuk Indonesia

Ia menilai Indonesia sangat potensial mewujudkan kemandirian energi. Sebab Indonesia kaya akan SDA seperti minyak bumi dan panas bumi. 

“Hanya tinggal mampu nggak pemerintah mengakselerasi potensi yang dimiliki SDA kita karena tentu pilihan-pilihan ini sangat bergantung pada kapasitas pimpinan seperti menterinya,” jelasnya.

Oleh karena itu, Anggawira berharap Prabowo menempatkan individu yang kompeten di bidang energi. Individu tersebut wajib memahami perkembangan isu global.

Baca juga : TKN: Rosan Sambungkan Silaturahim Prabowo-Megawati

“Pejabat dan pengambil kebijakan di sektor energi harapannya benar-benar orang yang memahami komprehensif tren global juga secara keilmuan dan bisnis,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyebut salah satu program kampanye Presiden terpilih Prabowo Subianto berjanji akan menciptakan bahan bakar B100 yang bersumber dari singkong hingga tebu. Cita-cita ini bertujuan agar Indonesia tak mengimpor BBM Solar dari luar negeri.

“Jangan sampai kita bisa produksi minyak sampai B100 dengan sawit dan etanol tapi cocok nggak dengan mesin-mesinnya? Itu PR-nya,” ucap Anggawira. (Medcom/Z-6)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *