Populer: Keakraban Luhut dan Menlu China; Erick Cari Investor BSI di Qatar

  • Share

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menlu China Wang Yi di Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa (12/1/2020). Foto: Kemenko Marves

Berita mengenai keakraban Menko Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi, menjadi berita populer di kumparanBISNIS sepanjang Sabtu (20/4).

Selain itu, ada juga Menteri BUMN Erick Thohir yang akan mengunjungi Qatar sembari mencari investor yang bersedia menggelontorkan dananya untuk Bank Syariah Indonesia (BSI). Berikut rangkumannya.

Luhut Ajak Menlu China Nikmati Sunset di Labuan Bajo

Wang Yi menikmati alam Indonesia bersama dengan Luhut, setelah beberapa waktu lalu diajak menikmati keindahan Danau Toba hingga Bali. Kali ini pertemuan tersebut disebut Sunset Diplomacy Meeting.

"Saya memang ingin menjamu H.E. Wang dengan mengajaknya menikmati hamparan keindahan alam Indonesia. H.E. Wang tampak menikmati suasana tenang dari Sunset Diplomacy Meeting dengan pemandangan senja tepi pantai, disertai siluet pulau-pulau kecil yang sangat memanjakan mata," tulis Luhut dalam postingan Instagram pribadinya.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut menuturkan, sebelum memulai Dialog Tingkat Tinggi dan Mekanisme Kerja Sama keempat Indonesia-China (HDCM), dia masih ingin menunjukkan keindahan alam Indonesia lainnya.

Sambil menyajikan durian yang kata Luhut jadi buah kesukaan Wang Yi, mereka kemudian membahas kelanjutan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya.

Rencana proyek penanaman padi di kawasan Food Estate Kalimantan Tengah dan pengembangan TSTH (taman sains dan teknologi herbal dan hortikultura) di Toba dan rencana pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, juga turut dibahas dalam pertemuan sore hari ini.

"Tak jarang juga kami membahas hal-hal ringan seperti bagaimana kesamaan akan prinsip saling terbuka, juga keanekaragaman budaya yang Indonesia dan Tiongkok miliki, mampu mendekatkan hubungan bilateral antara kedua negara sahabat ini," sambung Luhut.

Erick Thohir Cari Investor BSI di Qatar

Menteri BUMN Erick Thohir memberi apresiasi kepada BSI yang resmi masuk ke jajaran Top 10 Global Islamic Bank dari sisi kapitalisasi pasar. Foto: Dok. BSI

Menteri BUMN Erick Thohir berencana untuk mencari investor untuk BSI saat bertolak ke Qatar pada Sabtu (20/4). Selain itu, agenda Erick di negara penghasil minyak dan gas tersebut juga untuk menonton pertandingan Timnas Indonesia.

"Saya siang ini ke Doha, mendarat jam 12 malam, besok bola, tanggal 22-23 saya roadshow ke Qatar," kata Erick saat media briefing di Jakarta, Sabtu (20/4).

Investor strategis untuk BSI tersebut untuk menggantikan posisi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Nasional Indonesia Tbk (BNI) yang akan hengkang dari BSI.

Untuk penjajakan investor potensial BSI itu, Erick Thohir juga dibantu Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo yang juga akan melakukan kunjungan ke Eropa.

"Pak Tiko termasuk (mencari investor) BSI, saya juga ke Qatar termasuk BSI. Kalau bagi tugas kan enak itu. Kalau saya mesti ke Hongkong ke Eropa, sudah jebol (sakit) itu. Ini saja sudah mau flu flu," kata Erick.

Akhir September 2023 lalu Erick juga sempat ke Dubai mencari potensial investor untuk BSI. Kata dia, bisa saja tahun ini BSI bisa mendapatkan investor. Menurutnya konflik geopolitik saat ini bisa menjadi peluang.

"Justru jangan sampai ketika kita terjebak situasi geopolitik akhirnya kita diam saja, enggak boleh. Saya bilang, justru kita di tengah situsis geopolitk ini kita harus semakin agresif," ujar Erick.

Di sisi lain, Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, akan melihat pertandingan ketiga Timnas Indonesia di ajang AFC U-23 melawan Jordania yang akan berlangsung Minggu (21/4) besok.

"Karena kita kan korporasi ya, jadi kita memang harus ketemu investor, ketemu potensial partner untuk kita jajaki siapa tau ada kesempatan kita bisa meningkatkan tadi, value creation itu," kata Erick.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *