Populer: Bocoran Anggaran Pembangunan Era Prabowo; KAI Buka Lowongan Kerja

  • Share

Prabowo dan Gibran hadiri buka puasa bersama Partai Golkar. Foto: Erlangga Bregas Prakoso/ANTARA FOTO

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), telah menetapkan alokasi pendanaan untuk setiap agenda utama pembangunan pemerintah tahun 2025. Kabar ini menjadi populer kumparanBISNIS, Kamis (18/4).

Kabar lainnya yang ramai dibaca publik yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI membuka lowongan kerja (loker) baru.

Bocoran Anggaran Pembangunan Era Prabowo

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa menjelaskan dalam agenda pembangunan pemerintah ini ada 5 agenda utama.

Agenda utama tersebut terdiri dari transformasi sosial, transformasi ekonomi, transformasi tata kelola, supremasi hukum, stabilitas, dan kepemimpinan Indonesia, dan agenda kelima adalah ketahanan sosial budaya dan ekologi.

Capres Prabowo Subianto mengimbau pendukung Prabowo-Gibran tidak lakukan aksi apapun, Kamis (18/4/2024) malam. Foto: Dok. Istimewa

"Arahan Presiden untuk RKP tahun anggaran 2025, dan juga untuk kebijakan fiskal yang akan datang. Kedua hal tersebut dioptimalkan agar jadi jembatan menjaga kesinambungan pembangunan dan mengakomodasi atau memprioritaskan program-program Presiden terpilih hasil pemilihan umum Presiden di tahun 2024," kata Suharso dalam Rakor Pembangunan Pusat 2024, Kamis (18/4).

Untuk agenda transformasi sosial dengan indikasi pendanaan sebesar Rp 266,7 triliun, agenda transformasi ekonomi sebesar Rp 74,2 triliun.

Selanjutnya untuk agenda transformasi dan tata kelola sebesar Rp 1,7 triliun, untuk agenda supremasi hukum, stabilitas, dan kepemimpinan Indonesia sebesar Rp 282,2 triliun, dan agenda pembangunan kelima, ketahanan sosial budaya dan ekologi sebesar Rp 101,9 triliun.

"Pendanaan agenda pembangunan ini tidak hanya bersumber belanja kementerian/lembaga, tapi diintegrasikan dari sumber pendanaan lain termasuk investasi swasta, BUMN, KPBU, dan dana transfer daerah," ujarnya.

Suharso menambahkan, penyusunan RKP 2025 ini menurutnya sangat strategis karena bertepatan pada masa transisi pemerintah untuk melanjutkan estafet pembangunan bangsa. Selain itu dia bilang RKP ini disusun dengan pendekatan teknokratik yang juga menjabarkan rencana akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Kompleks DPR RI, Kamis (8/6). Foto: Nabil Jahja/kumparan

"Dan RKP ini disesuaikan dengan visi misi dan program Presiden terpilih yang pada gilirannya nanti akan dituangkan dalam Perpres RKP 2025, dan selanjutnya akan menjadi landasan penyusunan rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun anggaran 2025," tegas dia.

KAI Buka Loker

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mebuka lowongan kerja (loker) untuk posisi Management Trainee (MT) untuk tingkat S1 tahun 2024.

"KAI kini membuka rekrutmen tingkat S1 tahun 2024 untuk posisi Management Trainee bekerja sama dengan PT Dayalima Recruitment," tulis KAI dalam Postingan IG resminya, dikutip Kamis (18/4).

Bidang pekerjaan untuk program MT ini meliputi Terminal and Logistics, Digital Business, Non Transport Commercialization, Operation, Track and Bridge Maintenance, Rollingstock Maintenance, Technical Engineering and Rollingstock, Security Operation and Administration, Non Railways Assets, dan Human Capital Administration.

Petugas KAI bertugas di Kereta Suite Class Kompartemen. Foto: Dok. KAI

Selanjutnya juga ada bidang pekerjaan Training and Education Planning, Health, Procurement Planning, Investment Planning, Project Monitoring and Evaluation, Information Technology Planning and Development, Risk Management, Audit Evaluation Monitoring and Administration, Quality Assurance and GCG, hingga bidang pekerjaan legal.

Kualifikasi yang harus dipenuhi adalah WNI, tinggi badan pria minimal 160 cm dan wanita 155 cm. Kemudian usia 21-30 tahun terhitung per 17 April 2024, memiliki ijazah S1.

KAI juga mensyaratkan kualifikasi bahasa Inggris minimal TOEFL ITP 500, TOEFL PBT/iBT 61, TOEIC 500, atau IELTS 5,6.

"Memiliki nilai IPK minimal 3,5 dari skala 4,0," tulis salah satu poin kualifikasinya.

Kemudian ada kualifikasi calon pekerja dari lulusan kampus terakreditasi unggul/A, serta calon pekerja bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT KAI.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *