Polisi Kerahkan 2.959 Personel Amankan Pesta Rakyat di Monas saat HUT Bhayangkara

  • Share

Sejumlah warga mengamati helikopter polisi di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/6).(ANTARA/BAYU PRATAMA S)

KEPOLISIAN mengerahkan sebanyak 2.959 personel gabungan untuk  mengamankan Pesta Rakyat dalam rangka perayaan HUT Bhayangkara ke-78 yang diselenggarakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (1/7).

“Untuk pengamanan selama Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78 di Monas besok ada 2.959 personel gabungan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro seperti dilansir dari Antara, Minggu (30/6). 

Personel gabungan tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait. Personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik Kawasan Monas.

Baca juga : HUT Bhayangkara ke-77, Begini Kinerja Kepolisian di Mata Warga

Personel dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Susatyo mengimbau para pengunjung Pesta Rakyat agar tetap tertib serta waspada akan tidak kejahatan seperti copet dan penipuan.

“Agar warga tertib melihat konser dan upacara HUT Bhayangkara, waspadai pelaku kejahatan seperti copet dan pelaku penipuan. Amankan barang berharga seperti handphone, perhiasan, dan dompet,” pesannya.

Baca juga : HUT Ke-77 Bhayangkara, 1.294 personel Polri dan Polda Metro Naik Pangkat

Selain itu, Susatyo mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak membawa senjata api, melayani masyarakat yang ikut memeriahkan HUT Bhayangkara ke-78 dengan baik dan humanis.

“Semua makan dan minuman gratis disediakan oleh panitia. Yang membawa anak atau balita agar diperhatikan jangan sampai terlepas pengawasannya. Apabila kelelahan dan sakit segera hubungi petugas
medis untuk membantu,” imbau Susatyo.

Gelaran Pesta Rakyat dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB-22.00 WIB di lapangan Monas dengan menghadirkan artis papan atas Indonesia, ratusan UMKM, 500 makanan dan minuman gerobak gratis, serta sejumlah wahana permainan.

Masyarakat bisa hadir di acara tersebut tanpa dipungut biaya. Adapun Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional saat kegiatan Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78.

Masyarakat diimbau menghindari jalan seputar Monas agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas mulai pukul 09.00 WIB-24.09 WIB. Acara tersebut diprediksi akan dihadiri kurang lebih 182 ribu orang. (Z-6)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *